SOLOPOS.COM - Logo Liga Inggris

Solopos.com, JAKARTA–Pekan ke-8 Premier League atau Liga Utama Inggris menyajikan laga seri Brighton and Hove Albion vs Liverpool yang digelar, Minggu (8/9/2023) malam nanti, berikut preview dan prediksi susunan pemainnya.

Stadion American Express Community (Amex) Minggu pukul 20.00 WIB adalah tempat ujian Liverpool untuk menghadapi tim tuan rumah Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris 2023/2024.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Setelah keok di Stadion Tottenham Hotspur dengan cara yang tidak elegan akibat ulah sang pengadil lapangan, Simon Hooper, Liverpool akan menjadikan Stadion Amex sebagai pijakan awal di Liga Inggris untuk “bounce back” dengan merebut tiga poin.

Kepercayaan diri ada di kubu pasukan Jurgen Klopp. Liverpool baru saja memetik kemenangan dengan skor 2-0 ketika menaklukkan Union Saint-Gilloise dalam ajang Liga Europa 2023/2024 di Anfield, Jumat (6/10/2023) WIB.

Sebaliknya, tim tuan rumah pada hari dan ajang yang sama hanya bermain imbang 2-2 melawan Olympique Marseille di Stadion Velodrome. Hasil ini memperpanjang rentetan buruk anak-anak Roberto De Zerbi karena hanya meraih satu kemenangan dari lima laga terakhir di semua kompetisi di mana empat laga lainnya berakhir satu imbang dan tiga kekalahan.

Namun, meski tren positif sedang bernaung di kubu The Anfield Gank, laga nanti tidaklah mudah karena dari lima pertemuan terakhir di semua kompetisi, Liverpool hanya menang satu kali dan sisanya berakhir dua kali imbang dan dua kali kalah.

Ditambah, dari lima pertemuan terakhir ketika bermain di Stadion Amex, Liverpool mendapatkan dua kemenangan, satu imbang, dan dua kali kalah yang keduanya diderita pada musim lalu.

Dua kekalahan itu terjadi yang pertama di ajang Liga Inggris di mana dua gol Solly March dan Danny Welbeck membuat Liverpool tak berkutik dengan skor 0-3. Lalu, kekalahan kedua diderita Liverpool dengan skor tipis 1-2 pada ajang Piala Liga di mana saat itu gol menit-menit akhir dari Kaoru Mitoma membuyarkan laga yang hampir berakhir sama kuat.

Klopp tak ingin ulangi kesalahan yang sama

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama ketika timnya dibuat tak berdaya oleh permainan atraktif Brighton di Stadion Amex pada ajang Liga Inggris musim lalu dengan pukulan tiga gol tanpa balas.

Klopp pada sesi jumpa pers menjelang melawan Brighton menegaskan akan berusaha menampilkan penampilan terbaik agar hasil minor di Stadion Amex musim lalu tidak terulang.

“Apa pun pilihan yang Anda miliki, jika Anda bermain seperti tahun lalu, Anda akan mendapat pukulan besar lagi,” ucap Klopp dikutip dari Antara, Minggu (8/10/2023).

Pelatih asal Jerman itu sadar Brighton memiliki hasil minor di beberapa laga terakhir dengan hanya meraih satu kemenangan, satu imbang, dan tiga kalah di semua kompetisi.

Klopp menilai, hasil minor Brighton adalah hal yang wajar dalam membentuk sebuah tim “baru” setelah ditinggal tiga pemain terbaiknya pada bursa transfer musim panas ini yaitu Robert Sanchez dan Moises Caicedo yang hengkang ke Chelsea dan Alexis Mac Allister yang merapat ke timnya, Liverpool.

Hasil minor Brighton dari lima pertandingan terakhir juga tidak terlalu dihiraukan Klopp karena klub yang berasal dari selatan Inggris itu menurutnya masih memainkan sepak bola terbaik dengan ciri khas dominan secara penguasaan bola.

Laga terakhir Brighton berakhir dengan skor 2-2 kala mereka bertandang di Stadion Velodrome melawan Marseille. Pada laga itu, Brighton yang sebelumnya tertinggal dua gol melalui Charles Mbemba dan Jordan Veretout pada babak pertama menampilkan permainan yang apik pada babak kedua dengan melesatkan dua gol melalui Pascal Gross dan Joao Pedro untuk menyamakan skor menjadi 2-2.

Aksi comeback Brighton yang berhasil membawa poin pertama di kompetisi Eropa itu cukup “menghipnotis” Klopp. Mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut mengaku sangat bersemangat dan tak sabar untuk memainkan laga melawan The Seagulls, tim yang menurutnya adalah salah satu tim terbaik dengan pelatih yang juga terbaik di Liga Inggris saat ini.

“Saya sangat menantikan pertandingan ini karena kami harus melakukan beberapa hal dengan benar,” ucap Klopp.

Prediksi susunan pemain Brighton vs Liverpool

Kedua tim sama-sama memainkan laga tengah pekan, Jumat lalu, di Liga Europa 2023/2024. Hal ini membuat kedua tim diprediksi akan memainkan starting berbeda pada laga Minggu malan nanti.

Di lini belakang The Reds, Alisson Becker diprediksi akan mengamankan pos penjaga gawang yang di temani Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joel Matip, dan Andrew Robertson di empat bek di depannya.

Trio lini tengah Liverpool sepertinya akan diisi oleh dua pemain pengganti pada laga melawan Union Saint-Gilloise, Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai. Dua pemain yang selalu menjadi starter di Liga Inggris itu diprediksi akan ditemani Wataru Endo yang pada laga melawan Union Saint-Gilloise hanya memainkan 45 menit pertama.

Di lini serang, Luis Diaz, Mohamed Salah, dan Darwin Nunez akan memulai laga dari awal menyusul Diogo Jota yang absen karena hukuman akumulasi dua kartu kuning dan Cody Gakpo yang menderita cedera pada kelalahan 1-2 melawan Tottenham Hotspur.

Sementara itu, dari kubu tuan rumah, Bart Verbruggen kemungkinan akan mengisi penjaga gawang setelah ia tidak tampil pada partai Liga Europa melawan Marseille. Empat bek akan diisi Joel Veltman, Adam Webster, Lewis Dunk, dan Igor. Igor akan mengisi bek kiri, peran yang pernah dimainkannya, menyusul dua bek sayap James Milner dan Pervis Estupinan yang cedera dan Tariq Lamptey yang diragukan tampil.

Dua gelandang diprediksi akan diisi Pascal Gross dan Billy Gilmour. Lalu, untuk lini serang akan diisi Ansu Fati, Joao Pedro, Evan Ferguson, dan Facundo Buonanotte.

Brighton: Bart Verbruggen, Joel Veltman, Lewis Dunk, Adam Webster, Igor, Pascal Gross, Billy Gilmour, Ansu Fati, Joao Pedro, Facundo Buonanotte, Evan Ferguson



Liverpool: Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joel Matip, Andrew Robertson, Wararu Endo, Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai, Mohamed Salah, Luis Diaz, Darwin Nunez.

Itulah preview dan prediksi susunan pemain Brighton vs Liverpool pada laga lanjutan Liga Inggris yang digelar Minggu malam nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya