SOLOPOS.COM - Para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol. (JIBI/Reuters/Paul Childs)

Liga Inggris diwarnai dengan Tottenham yang hendak diakuisisi Facebook.

Solopos.com, LONDON – Gelombang investasi asing seakan tak pernah habis mengincar tim-tim besar di Liga Eropa. Tiga bulan lalu investor asal Tiongkok, Li Yong Hong, resmi membeli AC Milan dengan nilai mencapai 628 juta poundsterling (Rp10,8 triliun).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Belakangan angka yang lebih sensasional disebut-sebut ditawarkan Facebook pada Tottenham Hotspur. Klub papan atas Liga Premier Inggris ini dikabarkan bakal dibeli senilai 1 miliar poundsterling atau setara dengan Rp17,2 triliun!

Kabar ini santer terdengar menyusul Iconiq Capital, perusahaan asal Amerika Serikat, yang tertarik membeli aset Tottenham. Perusahaan ini menangani finansial sejumlah perusahaan teknologi yang berada di Silicon Valley, California, termasuk Facebook. Pendiri layanan jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg, disebut siap menyokong kebutuhan dana akuisisi yang mencapai Rp17,2 triliun.

Namun kabar ini langsung dibantah oleh manajemen Spurs. Lilywhites, julukan Tottenham, menyatakan sudah bekerjasama dengan Rothschild untuk pendanaan tim termasuk membangun stadion baru. Rothschild adalah salah satu jasa keuangan terbesar di dunia yang berpusat di London. Selain itu, klub bekerjasama dengan Bank America Merrill Lynch, Bank Goldman Sachs dan Bank HSBC untuk pembangunan stadion.

“Dewan klub percaya ini adalah solusi optimal untuk fans, para pekerja, pemegang saham dan kelanjutan pengembangan klub. Petinggi tim tidak sedang dalam diskusi terkait pengambilalihan klub,” tegas juru bicara Tottenham seperti dilansir Soccerway, Senin (10/7/2017).

Kondisi keuangan Tottenham memang bisa dibilang cukup stabil. Mereka pun tak tertarik jorjoran dana di jendela transfer seperti halnya duo Manchester. Bisa dibilang hanya gelandang Real Madrid, Mateo Kovacic, yang menjadi bidikan serius Lilywhites.

Sejauh ini belum ada satu pun pemain anyar yang merapat ke White Hart Lane. Spurs juga baru saja menolak pendekatan Manchester United atas gelandang mereka, Eric Dier. Tottenham baru mempertimbangkan menjual sang pemain jika ada tawaran minimal 50 juta poundsterling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya