SOLOPOS.COM - Kiper Liverpool, Loris Karius. (Reuters / Dylan Martinez)

Liga Inggris diwarnai dengan performa Loris Karius yang mendapat sorotan.

Solopos.com, LIVERPOOL — Performa kiper Liverpool, Loris Karius, kembali mendapat sorotan setelah timnya ditahan imbang West Ham United di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (11/12/2016) malam WIB.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Penjaga gawang asal Jerman tersebut sebelumnya juga mendapat kritikan ketika Liverpool takluk secara dramatis 3-4 dari Bournemouth. Namun, Karius rupanya belum belajar dari kesalahannya di laga sebelumnya. Penyelamatannya yang lemah ketika menahan tendangan bebas pemain West Ham, Dimitri Payet, kembali membuatnya jadi bulan-bulanan para pengamat dan pendukung Liverpool.

Gol Payet membawa West Ham menyamakan kedudukan 1-1 setelah tuan rumah sempat unggul lewat gol Adam Lallana di babak pertama. Karius juga mendapat sorotan negatif karena tidak bisa mencegah gol kedua West Ham yang dilesakkan Michail Antonio di menit ke-39.

Beruntung, dua menit setelah jeda turun minum, Liverpool bisa mengamankan satu poin di laga ini melalui gol penyama kedudukan 2-2 oleh Divock Origi. Desakan untuk mencoret Karius ke bangku cadangan dan mengembalikan Simon Mignolet ke bawah mistar gawang Liverpool pun semakin kencang.

Kritik kepada Karius antara lain diungkapkan dua mantan penggawa Liverpool yang menjadi pundit Sky Sports, Jamie Carragher dan Jamie Redknapp. “Pekan ini pertahanan di Liga Premier sangat-sangat memalukan. Saranku kepada Karius seharusnya dia diam dan melakukan pekerjaannya,” ujar Carragher, seperti dilansir Mirror.

Cibiran tak kalah menyakitkan kepada Karius diungkapkan mantan pemain Manchester United, Phil Neville. “Saya pikir dia membuat kesalahan besar. Jaga mulutmu, lakukan tugasmu, pulang, minum teh dan bermain sepak bola,” jelas Neville.

Namun ucapan bernada kasar Carragher dan Phil Neville mendapat tanggapan dari sejumlah pihak. Mantan pemain Liverpool, Didi Hamann, mengatakan apa yang dilontarkan Carragher kepada Karius sudah kelewat batas.

“Itu hal yang paling lucu yang pernah saya baca. Sangat tidak menghormati mengatakan demikian. Carra [sapaan Carragher] juga di luar aturan. Karius masih 23 tahun dan baru bermain 100 laga,” jelas Hamann.

Jika performa Karius membuat sejumlah mantan pemain The Reds dan pengamat sepak bola berbeda pendapat, lantas bagaimana dengan tanggapan Manajer Liverpool, Jurgen Klopp? Seperti ketika laga melawan Bournemouth, Ppelatih asal Jerman itu konsisten membela kompatriotnya.

“Saya benar-benar tidak habis pikir. Anda orang ketujuh yang bertanya kepadaku soal ini. Mungkin dia [Karius] dalam kondisi salah posisi atau Anda semua buta. Saya hanya lihat sekali. Saya harus lihat itu lagi. Bagaimana kami mencegahnya? Tidak mencari kesalahan dalam situasi ini. Jangan mencari kesalahan dalam situasi tendangan bebas. Kami tidak beruntung,” jelas Klopp yang tak mau mengkambinghitamkan Karius, seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Rekor Loris Karius di Liga Premier

Laga: 10

Clean sheets: 3

Kebobolan: 12

Rasio penyelamatan per gol: 1,17

Rasio penyelamatan sukses: 75%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya