SOLOPOS.COM - Tim bola basket putri UNS melakukan latihan di Sritex arene, Sriwedari, Solo, Rabu (10/2). Mereka akan belaga di Liga Mahasiswa Nasiona di bandung pada Sabtu (13/2) mendatang. (JIBI/Solopos/ Sunaryo Haryo Bayu)

Liga Mahasiswa Basketball menyajikan kekelahan tim Putri UNS dari tim Putri Unair.

Solopos.com, SOLO – Penurunan stamina fisik membuat tim bola basket putri Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo gagal meraih kemenangan kedua di Liga Mahasiswa (Lima) Basketball Nasional 2016.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Sempat unggul lima poin hingga pengujung quarter kedua, UNS akhirnya menyerah ditekuk tim Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dengan skor 42-67 di GOR C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/2/2016) pagi. Faktor kelelahan dinilai sebagai sebagai penyebab utama kekalahan tim besutan Yulius Dobby itu di pertandingan kedua. Terlebih, mereka tidak memiliki jeda untuk beristirahat setelah meraih kemenangan atas STMIK TIME Medan di laga pertama, Sabtu (13/2/2016).

“Padahal di pertandingan kemarin [Sabtu] saya sudah merotasi pemain untuk menjaga kondisi. Tapi saya enggak mengerti juga ya, anak-anak terlihat kelelahan dan kehilangan fokus di quarter ketiga dan keempat, seperti bukan mereka yang bermain,” ujar pelatih tim basket putri UNS, Yulius Dobby, saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Performa UNS semakin menurun setelah salah satu pemain kunci mereka, Citra Nugraheni, dilanda cedera sejak akhir quarter kedua. Guard andalan UNS itu sempat kembali diturunkan pada quarter keempat tapi tetap tidak mampu membantu timnya mengejar kertertinggalan dari Unair.

“Setelah enggak ada Citra, Unair semakin mudah meninggalkan kami. Saya paksakan Citra bermain lagi, tapi [ketertinggalan] skor sudah terlanjur jauh dan kami enggak bisa mengejar,” kata Dobby.

Kekalahan di laga kedua membuat UNS mau tidak mau harus mengamankan kemenangan di dua pertandingan tersisa jika ingin lolos ke babak berikutnya. Untungnya, tim juara Lima Central Java and DIY Conference itu memiliki jeda satu hari untuk beristirahat sebelum menantang STIE Kesatuan Bogor, Selasa (16/2/2016) pagi. Namun, Lophy Mora Cristya dkk. Harus menyiapkan stamina ekstra untuk menuntaskan laga terakhir melawan rival tangguh, Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, Rabu (17/2/2016) sore.

“Besok [Senin (15/2)] kami rest sehari dan akan berlatih sore hari untuk conditioning. Melawan STIE Kesatuan kami yakin bisa menang, tapi kalau berhadapan dengan UPH peluangnya masih 50%-50%,” tutur Dobby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya