SOLOPOS.COM - Pemain Persiharjo Unsa Asmi, Abdul Rosyid (biru), tengah berebut bola dengan para penggawa Persipa Pati di Stadion Gelora Merdeka, Sukoharjo, Rabu (18/5) sore. (Istimewa)

Liga Nusantara 2016 diwarnai dengan laga imbang antara Persiharjo melawan Persipa.

Solopos.com, SUKOHARJO — Persiharjo Unsa Asmi membuang peluang berharga untuk bisa meloloskan diri dari babak penyisihan Grup B Liga Nusantara (Linus) Jawa Tengah 2016 lantaran memetik hasil imbang kontra Persipa Pati, di Stadion Gelora Merdeka, Sukoharjo, Rabu (18/5/2016) sore. Meladeni tim pemuncak klasemen, tuan rumah harus puas bermain dengan hasil seri, 2-2.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Hasil ini membikin tim racikan Tithan Wulung Suryata itu masih tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara dengan mengoleksi tujuh poin. Meskipun demikian, Persiharjo Unsa Asmi masih punya kans untuk melenggang ke babak berikutnya lantaran perolehan poin mereka sama dengan penghuni posisi kedua, Persiku Kudus. Persiku secara mengejutkan gagal memetik poin karena ditumbangkan Persekap Pekalongan, 1-2.

Namun begitu, peluang itu cukup berat mengingat di laga terakhir putaran kedua fase grup, Persiharjo mesti menghadapi Persiku di Stadion Wergu Wetan, Kudus, Rabu (25/5/2016). Jika ingin mendampingi Persipa yang sudah pasti lolos, Abdul Rosyid dkk. harus menang minimal, 2-0. Sebaliknya, Persiku hanya butuh hasil imbang untuk finis kedua.

“Anak-anak seharusnya bisa menang. Cukup disayangkan karena kami dua kali unggul dan bisa terkejar lawan. Anak-anak juga banyak membuang peluang terutama di babak pertama,” papar Tithan, kepada wartawan, Rabu.

Tuan rumah sebenarnya tampil bagus di awal babak pertama. Mengandalkan duet Mahendra Anggara-Abdul Rosyid di lini depan, Persiharjo menguasai jalannya pertandingan. Kerja sama ini membuahkan hasil setelah gelandang Ricky Wicaksono membawa tuan rumah unggul di menit ke-16 lewat sepakan keras dari dalam kotak penalti. Persiharjo unggul, 1-0.

Di babak kedua dominasi tuan rumah mulai luntur. Kendurnya barisan pertahanan Persiharjo ini membikin tim tamu bisa menyamakan kedudukan lewat sundulan Haryanto memanfaatkan sepakan pojok. Skor sama 1-1 ini tak bertahan lama setelah bek kanan tuan rumah, Apri Tri Nugroho, sukses membobol gawang lawan lewat tendangan jarak jauh dari sisi kanan.

Sayang, keunggulan itu tak bisa dipertahankan. Penetrasi salah satu pemain Persipa dihentikan bek kiri Eko Purnomo di kotak terlarang. Haryanto yang ditunjuk sebagai eksekutor mampu mengimbangkan skor 2-2 hingga laga bubar.

Sementara itu, pelatih Persipa, Margono, senang meski main imbang. Hal ini lantaran tim mereka dipastikan lolos dari fase grup meski masih menyisakan satu pertandingan.

“Instruksi yang saya berikan kepada anak-anak saat kami tertinggal berjalan baik. Sebenarnya kami tak mau membebani anak-anak soal target,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya