SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Liga Spanyol 2015/2016 telah bergulir. Kompetisi itu terancam akan kehilangan Barcelona jika Catalunya merdeka.

Solopos.com, MADRID – Wacana Catalunya merdeka terus menguat di Spanyol. Bahkan sejumlah partai lokal telah membentuk koalisi yang hendak memerdekakan Catalunya.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Kemerdekaan Catalunya pun dilaporkan akan segera terlaksana. Apalagi pemilu akan digelar pada 27 September 2015 mendatang. Apabila Catalunya merdeka, klub-klub Catalan pun dipastikan tidak akan berlaga di Liga Spanyol lagi.

Dua klub yang kini berlaga di La Liga Spanyol 2015/2016 adalah Espanyol dan Barcelona. Barca pun diprediksi akan melemah jika tak lagi berlaga di Liga Spanyol. Hal tersebut diungkapkan Presiden Spanish Sports Council (CSD), Miguel Cardenal.

“Aspirasi olahraga klub-klub Catalan akan berbeda. Barca, misalnya, bakal menjadi tim seperti Ajax, Celtic, atau Standard Liege, dan paling maksimal cuma akan mencapai fase knockout atau perempatfinal Liga Champions. Ini bukan menakut-nakuti, tapi realistis,”  kata Miguel seperti dilansir Football Espana, Selasa (22/9/2015).

Pernyataan Miguel ini bukan tanpa alasan. Jika Barcelona hengkang dari Liga Spanyol, mereka tak akan mendapat pendapatan besar dari hak siar. Apalagi kompetisi di Liga Catalunya nantinya diprediski tak akan seramai La Liga Spanyol.

Sebelumnya, Presiden LFP (organisasi sepak bola Spanyol), Javier Tebas, menegaskan Barcelona tak akan bisa bermain di Liga Spanyol jika Catalunya merdeka.

“Jika itu terjadi, klub Catalan tidak akan bisa bermain di Liga Spanyol karena undang-undang tak memperbolehkan,” jelas Tebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya