SOLOPOS.COM - Gelandang Barcelona, Sergio Busquets, saat ditandu karena cedera. (JIBI/REUTERS/Vincent West)

Liga Spanyol diwarnai dengan cederanya Sergio Busquets.

Solopos.com, EIBAR — Kemenangan besar 4-0 Barcelona atas Eibar harus dibayar dengan cederanya gelandang bertahan Sergio Busquets. Cedera sang pemain bisa menjadi pukulan mengingat gelandang Barca lainnya, Andres Iniesta, telah masuk meja perawatan beberapa hari lalu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun pelatih Barca, Luis Enrique, menolak panik lantaran telah menyiapkan banyak alternatif pengganti. Busquets harus ditandu keluar lapangan setelah mengalami benturan dengan gelandang Eibar, Gonzalo Escalante, saat laga masih berlangsung delapan menit. Pemain 28 tahun ini divonis menderita cedera pada ligamen lateral di pergelangan kaki kanannya.

Denis Suarez kemudian menggantikan Busquets dan mencetak gol pembuka Barca di Estadio Municipal de Ipurua, Senin (23/1/2017) dini hari WIB. Striker Luis Suarez mengaku sedih melihat Busquets cedera. Dia menilai peran rekannya itu amat vital dalam pendistribusian bola.

“Dia adalah kehilangan besar, sama seperti Andres Iniesta. Mereka sangat sulit digantikan,” ujar Suarez yang mencetak satu gol ke gawang Eibar seperti dilansir Fcbarcelona.com, Senin.

Peran Busquets dalam model permainan tiki-tika ala Barca memang susah dicari padanannya. Selain garang dalam bertahan, Busquets pintar dalam mengatur irama permainan. Peran sentralnya ini membuat dia bermain di 17 dari 19 pertandingan Blaugrana di Liga Primera. Menit bermainnya hanya kalah dari kiper Marc-Andre Ter Stegen dan Luis Suarez.

Dilansir Marca, hampir tidak ada pemain yang ideal menggantikan Busquets meski Barca memiliki Ivan Rakitic, Javier Mascherano, Andre Gomes hingga Sergi Roberto. Namun jika melihat mantapnya Rakitic sebagai pivot di laga melawan Eibar, Enrique bisa menjatuhkan pilihan ke pemain Kroasia itu.

“Saya suka posisi Rakitic ketika menjadi pivot. Dia amat bagus. Sergi dan Mascherano juga bisa bermain di posisi itu,” tutur Enrique.

Rakitic mengaku siap jika dipercaya menggantikan posisi Busquets. Saat partai melawan Eibar, Rakitic dengan sempurna memainkan peran mengatur permainan dan membuka peluang Denis Suarez mencetak gol. “Saya siap untuk segalanya. Saya ingin selalu bermain,” tutur gelandang yang musim ini telah mencetak dua gol itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya