SOLOPOS.COM - Philippe Coutinho (JIBI/REUTERS/Albert Gea)

Liga Spanyol diwarnai dengan Coutinho yang menjalani debut.

Solopos.com, BARCELONA — Fans Barcelona dibikin kecewa dengan penampilan perdana Philippe Coutinho sebagai starter saat tim menjamu Alaves di Camp Nou, Senin (29/1/2018) dini hari WIB. Gelandang yang didatangkan dari Liverpool senilai 160 juta euro (Rp3,32 triliun) itu gagal tampil penuh karena performanya yang jauh dari harapan.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Dalam formasi 4-4-2 Barcelona, Coutinho diturunkan sebagai sayap kanan yang sebenarnya bukan posisi aslinya. Pemain Brasil itu urung ditempatkan di posisi favorit yakni sayap kiri karena slot tersebut sudah diisi Andres Iniesta.

Ramuan Pelatih Ernesto Valverde ini ternyata tak sesuai harapan. Selain tampak gugup di laga perdananya di Camp Nou, sang pemain terlihat kurang nyaman di posisi baru sehingga tak mampu mengembangkan permainan.

Gelandang 25 tahun tersebut bahkan menjadi bahan tertawaan setelah gagal mengontrol bola hasil umpan panjang Ivan Rakitic di pertengahan babak pertama. Coutinho justru terpelanting di pinggir lapangan lalu terpeleset sehingga terjatuh di dekat bangku penonton. Statistik Whoscored mencatat Coutinho hanya sekali melepaskan tembakan (off target) selama berada di atas lapangan. Coutinho juga cuma sekali melakukan dribble, tiga kali penguasaan bolanya direbut lawan, dan empat kali gagal melakukan sentuhan pada bola.

Sang pemain pun harus diganti Paco Alcacer di menit ke-66 saat Barca tertinggal 0-1 lewat gol John Guidetti di babak pertama. Ironisnya, Blaugrana mampu membalikkan ketertinggalan menjadi kemenangan 2-1 setelah Coutinho ditarik. Luis Suarez dan Lionel Messi menyelamatkan muka Barca lewat golnya di menit ke-72 dan 84.

Meski dikritik atas penampilan buruknya di laga debut sebagai starter, Coutinho tetap dibela Ernesto Valverde. “Mereka [pemain] bukan mesin yang masuk ke sebuah pabrik baru kemudian langsung bekerja. Saya melihat dia tampil bagus, terlibat dalam permainan, menginginkan bola,” ujar Pelatih Barcelona itu dilansir Soccerway, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya