SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO–Sekitar 54 wasit amatir memburu lisensi perwasitan tingkat kota/kabupaten dengan mengikuti pelatihan wasit se-Soloraya di Solo, Minggu-Senin (5-6/2/2012).

Ketua Pengprov Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Solo, Susanto menyatakan rata-rata peserta yang mengikuti pelatihan adalah mahasiswa semester III. Pelatihan dibimbing langsung Ketua Bidang Perwasitan Pengprov PBSI Jateng, Siswanto.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Melalui pelatihan ini Pengprov Jateng akan memberikan nilai kepada mereka untuk mendapatkan sertifikat kepelatihan,” jelas Susanto saat ditemui Espos di sela-sela acara, di GOR AUB Solo, Senin.

Tidak cukup sampai di situ. Untuk memperoleh lisensi wasit tingkat Jateng, peserta masih harus membuktikan diri mereka di beberapa kejuaraan tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

“Setelah pelatihan ini, Pengprov otomatis akan terus memantau mereka. Apabila dalam praktiknya mereka memuaskan, bisa dilihat bagaimana mereka terlibat dalam berbagai kejuaraan, maka akan direkomendasikan ke tingkat provinsi dan mendapatkan lisensi tingkat provinsi,” terang Susanto.

Sejauh ini, berdasarkan data yang dihimpun Pengprov PBSI  Solo, baru ada dua wasit asal Solo yang sudah mengantongi lisensi wasit tingkat internasional.

“Sebenarnya kalau mau ditekuni, menjadi wasit bulu tangkis, bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Sejajar dengan pelatih Apalagi kalau sudah tembus tingkat internasional,” sambung Pengurus Bidang Pembinaan Pengprov PBSI Solo, Suranto.

JIBI/SOLOPOS/Hanifah Kusumastuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya