SOLOPOS.COM - Christian Hadinata (sportiplus.com)

Solopos.com, SOLO-Atlet bulu tangkis atau badminton dari seluruh negara peserta berlomba menjadi yang terbaik di setiap Asian Games, termasuk Asian Games Hangzhou China 2022 yang digelar 2023 ini, berikut daftar pebulutangkis peraih medali emas terbanyak Asian Games.

Setiap Asian Games dihelat pebulutangkis Indonesia menjadi momok bagi pebulutangkis dari negara peserta lainnya. Ini lantaran Indonesia memiliki pemain berlevel dunia.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Namun, ada negara peserta lainnya juga memiliki pebulutangkis andal berlevel dunia. Mereka seperti dari China, Korea Selatan (Korsel), Jepang, dan lainnya.

Persaingan antara pebulutangkis Indonesia dan pebulutangkis dari negara-negara tersebut dalam memperebutkan medali emas selalu ketat.

Tak jarang ada pebulutangkis yang meraih medali emas di beberapa edisi Asian Games. Itu seperti diraih legenda-leganda bulu tangkis Indonesia di Asian Games masa lalu.

Lantas siapa saja pebulutangkis yang meraih medali emas terbanyak dalam sejarah Asian Games? Berikut daftar pebulutangkis peraih medali emas terbanyak di Asian Games dikutip Solospos.com dari sejumlah sumber, Selasa (26/9/2023):

1. Christian Hadinata (4 emas)

Legenda Indonesia Christian Hadinata tercatat pernah memenangkan empat medali emas Asian Games. Cristian Hadinata merupakan legenda Indonesia yang berjaya pada 1970-1980.

Pada masa jayanya itu bermain untuk sektor ganda. Bukan hanya ganda putra, tetapi juga ganda campuran.

Christian tercatat pernah meraih empat medali emas Asian Games dengan pasangan berbeda. Habatnya lagi, medali emas itu direngkuh dalam tiga edisi Asian Games secara beruntun.

Dia meraih medali emas di nomor ganda campuran bersama Regina Masli pada 1974. Selanjutya dia meraih medali emas di nomor ganda putra dengan berpasangan dengan Ade Tjandra pada 1978.

Kemudian Christian kembali menjadi juara pada 1982 bersama Icuk Sugiarto. Pada Asian Games edisi 1982 itu, Cristian Hadinata juga meraih emas di ganda campuran dengan berpasangan dengan Ivana Lie.

2. Ng Bon Bee (4 emas)

Pebulutangkis peraih medali emas terbanyak di Asian Games lainnya adalah Ng Bon Bee. Dia adalah legenda dari negeri jiran Malaysia.

Ng Bon Bee juga menyamai pencapaian Cristian Hadinata dengan menyabet empat medali Emas pada Asian Games. Bahkan, ia mampu menyabet tiga medali emas secara beruntun.

Ng Bon Bee meraih gelar back to back di nomor ganda putra bersama Tan Yee Khan pada Asian Games 1962, 1966, kemudian 1970 bersama Punch Gunalan.

Pada edisi 1970 itu dia juga meraih medali emas di nomor ganda campura bersama Sylvia Ng.

3. Park Joo Bong (3 emas)

Pebulutangkis peraih medali emas terbanyak di Asian Games selanjutnya adalah Park Joo Bong.

Korea Selatan juga mempunyai legenda bulutangkis yang mampu meraih tiga medali emas Asian Games.

Park adalah spesialis ganda. Ia mampu meraih medali emas bersama Kim Moon So pada ganda putra pada 1986. Itu sekaligus mengahiri dominasi Indonesia yang mampu mendapat empat emas beruntun.

Kemudian dua gelar lainnya ia raih di nomor ganda campuran bersama Chung Myung Hee pada 1986 dan 1990.

Setelah pensiun sebagai pemain profesional, Park Joo Bong memutuskan menjadi pelatih di Jepang.

4. Minarni (3 emas)

Pebulutangkis peraih medali emas terbanyak di Asian Games berikutnya adalah Minarni.

Minarni merupakan leganda bulu tangkis sektor putri Indonesia yang memiliki prestasi gemilang di Asian Games.

Minarni tercatat telah memenangkan tiga medali emas sepanjang keikutsertaannya di ajang empat tahunan tersebut.

Minarni merupakan pemain rangkap di mana ia mampu menjadi juara pada nomor tunggal putri Asian Games 1962.



Kemudian dua gelar lainnya ia raih di nomor ganda putri bersama Retno Kustijah pada Asian Games 1962 dan 1966.

Minarni/Retno Kustijah menjadi ganda putri Indonesia pertama yang sukses meraih gelar secara beruntun atau back to back.

Minarni/Retno Kustijah sukses meraih medali emas di Asian Games 1962 seusai memenangi laga All Indonesian Final melawan Corry Kawilarang/Happy Herowati.

Selanjutnya mereka kembali merasakan meraih medali emas seusai mengalahkan pasangan Jepang Horoe Amano/Tomoko Takahashi di Asian Games 1966.

Pebulutangkis peraih medali emas terbanyak di Asian Games lainnya adalah Ra Kyung Min dari Korea Selatan (3 emas), Lin Dan dari China (2 emas), dan Taufik Hidayat dari Indonesia (2 emas).

Itulah daftar pebulutangkis peraih medali emas terbanyak di Asian Games.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya