SOLOPOS.COM - Timnas U-16 Indonesia imbang 2-2 versus Australia dalam babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Manahan Solo, Senin (1/7/2024) malam. (Ist/pssi)

Solopos.com, SOLO — Laga semifinal Piala AFF U-16 antara Indonesia versus Australia di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) malam, berlangsung sangat ketat.

Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-2. Dua gol Indonesia diciptakan oleh brace Zahaby Gholy di menit ke-3 dan 45+4 sementara gol Australia dicetak Amlani Tatu di menit ke-22 dan Quinn Macnicol di menit 45+2.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Australia yang tertinggal gol cepat Gholy di menit ke-3 bisa menyamakan kedudukan di menit ke-22 melalui tendangan bebas Amlani Tatu.

Wasit sempat menunjuk titik putih. Namun setelah ada informasi dari ruang video assistant referee (VAR), wasit lantas menganulir hukuman menjadi tendangan bebas.

Sayangnya, tendangan melintir Amlani Tatu tak mampu ditepis kiper M. Ichsan lantaran sebelumnya bola terkena pundak salah satu pemain belakang sehingga berubah arah.

Australia yang merupakan juara Grup C bahkan berbalik unggul melalui gol yang diciptakan Quinn Macnicol saat laga babak pertama hampir berakhir.

Macnicol memanfaatkan bola muntah setelah kiper M. Ichsan gagal menangkap bola dari serangan di sisi kanan pertahanan Indonesia.

Bola liar itu disambar Macnicol dan menjebol gawang kiper utama Timnas U-16 Indonesia itu.

Namun, Garuda Muda yang bermain dengan 10 pemain setelah kartu merah Raihan Apriansah di menit ke-27 itu tak menyerah.

Mereka terus menyerang pertahanan Australia yang dipimpin Christian David Pullella. Serangan Timnas U-16 tak sia-sia. Setelah lemparan throw in Fabio Azkairawan berhasil disundul ke luar pertahanan oleh bek Australia, Gholy melakukan tendangan geledek dari luar kotak penalti.

Bola meluncur deras ke sisi kiri gawang dan tidak bisa dijangkau kiper Australia, Jai Ajanovic.

Saat ini babak pertama berakhir imbang 2-2.

Skuad Terbaik

Pelatih Nova Arianto menurunkan skuad terbaiknya melawan Australia U-16 dalam semifinal Piala AFF U-16, Senin (1/7/2024) malam pukul 19.30 WIB.

Skuad Timnas U-16 Indonesia sama seperti saat melawan Singapura U-16 di laga perdana Grup A.

Matthew Ryan Baker bahu membahu dengan kapten I Putu Panji, Fabio Azkariawan dan Raihan Apriansyah di lini belakang.

Di bawah mistar gawang, M. Nur Ichsan dipercaya mengawal gawang Garuda Muda.

Di lini tengah, Evandra Florasta yang disimpan saat melawan Laos U-16 di laga terakhir Grup A, kembali dimainkan sejak awal.

Ia akan bekerja sama dengan Nazriel Alfaro dan Daniel Alfredo di lini tengah.

Tiga lini depan Garuda Muda akan diisi oleh Zahaby Gholy, Fadly Alberto dan top skor Indonesia U-16, Muhammad Mierza.

Di kubu Australia U-16, tidak ada rotasi yang dilakukan oleh pelatih Bradley John Maloney di sejak fase grup.

Nama-nama seperti Amlani Tatu, Malual Kuir dan Jordan Graoroski kembali diandalkan Australia U-16 di pertandingan ini.

Sebelumya, pelatih Australia U-16, Bradley John Maloney, mengatakan Piala AFF U-16 memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman bagi para pemain muda Australia untuk berkompetisi.

Meski begitu, ia berharap pemainnya bisa tampil baik dan memenangi setiap laga.

“Ini adalah kesempatan bagi kami, sejauh ini empat tim yang lolos adalah yang terbaik. Kami menilai ini laga yang sulit melawan Indonesia sebagai tuan rumah. Ini adalah tujuan kami memberikan pengalaman bagi para pemain di turnamen internasional,” jelasnya.



Memiliki waktu recovery lebih pendek, Bradley menilai akan sedikit berpengaruh bagi permainan timnya.

Meski begitu, ia mengatakan tetap menargetkan untuk menang di laga malam ini.

“Kami baru bermain kemarin, ini adalah tantangan karena kami baru bermain kemarin, tapi kami dalam kondisi baik untuk laga besok. Hari ini kami fokus recovery, kami ingin menang dan lolos ke final,” tutupnya.

Susunan Pemain

Indonesia U-16 (4-3-3)

M. Ichsan; Fabio Azkairawan, Raihan Apriansyah, Putu Panji, Mathew Baker; Nazriel Alfaro, Daniel Alfredo, Evandra Florasta; Zahaby Gholy, Fadly Alberto, Muhammad Mierza

Pelatih: Nova Arianto

Australia U-16 (4-4-2)

Jai Ajanovic; Malual Kuir, Jayden Peter Necovski, Christian David Pullella, Alexander Lech Garbowski; Nickolas Gustavo Alfaro, Quinn Macnicol, Alexander Jesse Bolton, Jay Noah Maltz; Amlani Tatu, Jordan Graroski

Pelatih: Bradley John Maloney

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya