SOLOPOS.COM - Spanyol akan menghadapi Kosta Rika di penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 pada Rabu (23/11/2022) malam ini. (Solopos.com/Tri Wiharto)

Solopos.com, DOHA – Siaran langsung televisi maupun live streaming pertandingan penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar malam ini akan menampilkan Spanyol Vs Kosta Rika. Duel dua tim ini akan dilangsungkan di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam ini pukul 23.00 WIB dan dipimpin oleh wasit Mohammed Abdulla dari Uni Emirat Arab (UEA).

Mendengar timnas Spanyol, sebagian pencinta sepak bola tentu akan langsung teringkat gaya tiki-taka yang dalam beberapa tahun silam menjadi ciri permainan timnas Matador tersebut. Tiki taka secara umum bisa dimaknai sebagai gaya permainan sepak bola dinamis yang menerapkan umpan-umpan pendek cepat dengan mengandalkan skill pemain untuk mendapatkan ball possession secara penuh sehingga transisi menyerang dan bertahan bisa berjalan cepat.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Kesuksesan timnas Spanyol dalam beberapa waktu silam tidak lepas dari strategi tiki-taka yang pernah diusung pelatih Vicente Del Bosque. Tak bisa dipungkiri pula bahwa tiki-taka yang diperagakan Timnas Spanyol kala itu sangat dipengaruh gaya permainan milik Barcelona.

Kebetulan pula saat ini pelatih timnas Spanyol adalah mantan penggawa Barcelona, Luis Enrique. Namun demikian, benarkah Spanyol akan mengusung tiki-taka murni di Piala Dunia 2022 Qatar ini? Ataukah strategi tiki-taka tersebut justru dalam tanda tanya besar.

Dalam beberapa pertarungan di Piala Dunia sebelumnya, tiki-taka Spanyol ternyata cukup mudah diredam lawan-lawan mereka. Inilah kenapa stetegi tiki-taka disebut-sebut masih tanda tanya untuk diterapkan Luis Enrique di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Prediksi Skor Spanyol Vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022: Bangkitnya Tim Matador

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Spanyol hanya sampai babak 16 besar setelah dibekap Rusia dengan skor 4-3 (1-1) melalui adu tendangan penalti. Bahkan pada Piala Dunia 2014 Brasil, Spanyol hanya mentok di fase penyisihan Grup B. Mereka hanya berhasil finis di peringkat ketiga grup kalah dari Belanda dan Cile.

Spanyol dalam lima pertandingan terakhir mereka sebelum ke putaran final Piala Dunia 2022:

10 Juni 2022: Swiss (1-2) Spanyol

13 Juni 2022: Spanyol (2-0) Republik Ceko

25 September 2022: Spanyol (1-2) Swiss

28 September 2022: Portugal (0-1) Spanyol

17 November 2022: Yordania (1-3) Spanyol

Kosta Rika dalam lima laga terbaru mereka sebelum tampil di Piala Dunia 2022 Qatar:

6 Juni 2022: Kosta Rika (2-0) Martinique

15 Juni 2022: Kostarika (1-0) Selandia Baru

23 September 2022: Korea Selatan (2-2) Kosta Rika

27 September 2022: Uzbekistan (1-2) Kosta Rika

10 November 2022: Kosta Rika (2-0) Nigeria

Dalam laga yang akan disiarkan langsung melalui stasiun televisi SCTV dan secara live streaming di sejumlah flatform partner Piala Dunia 2022 itu, Spanyol tercatat telah 16 kali tampil di putaran final Piala Dunia sejauh ini.

Ini juga merupakan 12 kali berturut-turut mereka lolos babak kualifikasi Piala Dunia, sebuah rentetan terpanjang dalam sejarah timnas Spanyol. Sementara itu, ini adalah Piala Dunia kali keenam yang diikuti Kosta Rika.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022 Spanyol vs Kosta Rika

Skuad asuhan Luis Enrique sedang berusaha menyamai prestasi tim Spanyol yang mengangkat trofi Piala Dunia untuk kali pertama pada 12 tahun lalu. Dari skuat emas tersebut hanya tersisa Sergio Busquets di tim Spanyol saat ini.

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, menyatakan timnya butuh kecepatan untuk bisa mendapatkan kemenangan atas Kosta Rika.



“Pertandingan melawan Kosta Rika akan serupa dengan pertandingan melawan Yordania. Mereka akan sulit ditembus di belakang, tapi itu adalah sesuatu yang biasa kami lakukan dalam pertandingan kami. Ini adalah pertandingan yang sulit, tetapi kami akan mendapatkan peluang jika kami berhasil memindahkan bola dengan cepat dan menembak saat kami bisa. Ini akan sulit, tetapi kami sudah terbiasa dan saya tidak khawatir,” ungkap Luis Enrique di laman resmi FIFA.

Baca Juga: Kantongi Lisensi, Hotel Rooms Inc Semarang Gelar Nobar Piala Dunia 2022

Sementara itu, pelatih Kosta Rika, Luis Fernando Suarez, justru menyanjung keberhasilan Enrique dengan identitas permainan timnas Spanyol sejauh ini.

“Luis Enrique telah mampu mempertahankan identitas sepak bola Spanyol. Dia pelatih yang hebat dan individu yang sangat cakap. Spanyol telah memiliki gaya permainan yang sama sejak lama, dan mereka selalu tampil baik.”

Tayangan langsung pertandingan Spanyol Vs Kosta Rika ada stasiun televisi nasional SCTV, sedangkan bagi yang masih berada di luar rumah maupun yang menginginkan menyaksikannya melalui tayangan live streaming bisa mengakses link resmi Piala Dunia 2022 Qatar di Vidio, MOJI, dan Champions TV 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya