SOLOPOS.COM - Mohamed Salah membuat Liverpool memberi kekalahan pertama Manchester City musim ini di Stadion Anfield. (Twitter @LFC)

Solopos.com, JAKARTA—Mohamed Salah membuat Manchester City menelan kekalahan pertama musim ini. Salah mencetak satu-satunya gol saat Liverpool menumbangkan City 1-0 pada lanjutan Liga Inggris  2022/2023 di Stadion Anfield, Minggu (16/10/2022) malam.

Kemenangan ini mengangkat Liverpool ke urutan delapan dengan poin 13 dari 9 laga. Bagi City, kekalahan ini membuat mereka gagal mendekati Arsenal di puncak klasemen dengan poin 23 dari 10 laga.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Manajer Liverpool Jurgen Klopp memuji para pemainnya yang tampil all-out saat melawan City. Pertahanan Liverpool juga tangguh dengan menutup celah saat digempur oleh para pemain Manchester Biru.

Baca Juga: Leeds 0-1 Arsenal: Diwarnai Lampu Padam, Saka Kembali Jadi Penentu Kemenangan

“Kami melakukannya dengan sangat baik. Jadi itu adalah penampilan terbaik dari semua pemain dan itulah mengapa kami bisa memenangkannya,” kata Klopp dilansir dari laman resmi Liverpool.

Laga Liverpool melawan City berlangsung sengit dan dihujani peluang yang tak berbuah gol. Peluang pertama diciptakan City pada menit ke-16 manakala tendangan Ilkan Gundogan dari luar kotak penalti dimentahkan kiper Liverpool Alisson.

Pada menit ke-20 giliran Liverpool menciptakan peluang saat Diogo Jota menanduk bola umpan Elliott yang tepat mengarah kiper Ederson.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Bayern, Club Brugge, Napoli Melaju, Salah Bikin Sejarah

Tiga menit kemudian Andy Robertson menyambut bola tepisan Ederson tapi melambung tinggi. Pada menit ke-32 Erling Haaland mengejar bola terobosan ke kotak penalti di bawah kawalan Virgil van Dijk yang digagalkan oleh Alisson.

Kevin de Bruyne pada menit ke-39 melepaskan umpan silang  yang disambut Haaland setelah melepaskan diri dari kawalan Joe Gomez. Tapi tandukannya djinakkan Alisson.

Pertandingan babak kedua juga berlangsung alot. Liverpool mendapatkan peluang lebih dahulu pada menit ke-49 seusai serangan balik Mohamed Salah  yang tinggal berhadapan dengan Ederson.

Baca Juga: Rangers 1-7 Liverpool: Salah Cetak Hat-trick, Firmino Brace

Tendangan penyerang Timnas Mesir itu ditepis kiper asal Brasil tersebut untuk melenceng tipis ke samping kanan gawang City.

Pada menit ke-53, gawang Liverpool dibobol Phil Foden setelah bola direbut Haaland dari tangkapan Alisson. Namun gol ini anulir usai pemeriksaan VAR yang memperlihatkan Haaland melanggar Fabinho.

Dua menit kemudian Salah melepas umpan lambung ke tiang jauh ke arah Jota yang berdiri bebas, tetapi tandukannya melebar ke samping kanan gawang Ederson.

Baca Juga: Rangers vs Liverpool: Skuat The Reds Kurang Ideal

City kembali mengancam pada menit ke-62 saat Haaland melepaskan tembakan kaki kiri dari ujung kotak penalti, tetapi Alisson menepisnya.

Kebuntuan terpecahkan pada menit ke-76 tatkala Salah mencatatkan namanya di papan skor. Alisson mengirim umpan panjang melewati garis tengah lapangan yang gagal dicegat Joao Cancelo dan sebaliknya dikuasai Salah yang menaklukkan Ederson untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Beberapa lama kemudian pelatih Liverpool Jurgen Klopp mendapatkan kartu merah pada menit ke-85 karena memprotes wasit setelah Bernardo Silva dianggap melanggar  Salah.

Baca Juga: Jurgen Klopp Ingin Liverpool Sulit Diprediksi Lawan

Pada menit tambahan Liverpool mendapat peluang emas dari serangan balik ketika Darwin Nunez mengumpan Trent Alexander-Arnold, tetapi bola terlalu deras sehingga tak bisa dimaksimalkan Alexander-Arnold.

 

Susunan pemain Liverpool vs Manchester City:

Liverpool (4-2-3-1)



Alisson, Milner, Gomez, Van Dijk, Robertson, Thiago, Fabinho (Henderson 72′), Elliott (Carvalho 73′), Salah (Alexander-Arnold 90′), Firmino (Nunez 72′), Jota (Tsimikas 90+9′).

 

Manchester City (4-3-3)

Ederson, Cancelo, Ruben Dias, Akanji, Ake, De Bruyne, Rodri, Guendogan (Alvarez 89′), Bernardo Silva, Haaland, Foden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya