SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kedua kanan) dan jordi Amat (kanan) berusaha menyundul bola ke arah gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak Semi Final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Solopos.com, HANOI—Vietnam untuk kali pertama setelah 26 tahun mengalahkan Indonesia di Piala AFF untuk memastikan lolos ke final 2022. The Golden Star mengalahkan Indonesia dengan skor 2-0 pada dua leg semifinal Piala AFF 2022, bermain imbang 0-0 di Jakarta dan menang 2-0 My Dinh Stadium Hanoi, Senin (9/1/2023).

Pelatih tim nasional Vietnam Park Hang-seo bangga melihat skuatnya akhirnya berhasil menundukkan Indonesia.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada para pemain untuk memenangkan laga agar generasi baru Vietnam tidak lagi terbebani dengan hal itu,” ujar Park dalam konferensi pers setelah pertandingan di My Dinh Stadium, Hanoi, seperti dilansir dari Antara.

Kemenangan terakhir Vietnam atas Indonesia di Piala AFF, sebelum edisi 2022, terjadi di Piala AFF 1996. Ketika itu, Vietnam menaklukkan Indonesia dengan skor 3-2.

Bukan cuma memecahkan rekor, keunggulan Vietnam dua gol tanpa balas di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 juga membuat mereka melaju ke final turnamen.

Bagi Park Hang-seo, itu menjadi final keduanya di Piala AFF sejak menangani Timnas Vietnam pada 2017. Dia pun berpotensi kembali membawa Vietnam juara seperti yang dilakukannya pada 2018.

Terkait hal tersebut, Park mengapresiasi kinerja anak-anak asuhnya yang selalu berupaya keras saat berlaga di lapangan. “Performa pemain bagus dan mereka menunjukkan yang terbaik untuk membawa tim ke final,” tutur pria berusia 64 tahun itu.

Sementara itu, penyerang timnas Vietnam Nguyen Tien Linh mengapresiasi penampilan semua rekannya di skuat berjuluk The Golden Warriors. Nguyen Tien Linh menegaskan dua gol kemenangan yang dibuatnya ke gawang Indonesia tidak lepas dari hasil kontribusi teman setimnya.

“Performa saya memang sedang bagus dan saya percaya diri karena itu. Namun, yang penting adalah bisa membantu tim untuk kembali menginjak final Piala AFF. Saya berharap kami kembali menjadi yang terbaik di turnamen ini,” kata pemain yang untuk sementara memimpin daftar pencetak tersubur Piala AFF 2022, dengan lima gol, bersama penyerang Thailand Teerasil Dangda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya