SOLOPOS.COM - Kiper Andre Onana (tengah) bersama Harry Maguire (kiri) merayakan kemenangan tim mereka Manchester United atas Copenhagan dengan skor 1-0 di laga lanjutan Liga Champions 2023/2024, Rabu (25/10/2023) dini hari WIB. (Instagram/manchesterunited).

Solopos.com, SOLO–Dua pemain Manchester United (MU) yang kerap di cemooh publik sepak bola dunia, bek Harry Maguire dan kiper Andre Onana, seketika dipuja setelah menjadi penentu kemenangan MU 1-0 atas tamunya Copenhagen dalam matchday ketiga babak penyisihan Grup A Liga Champions 2023/2024, Rabu (25/10/2023) dini hari WIB.

Hasil itu merupakan kemenangan pertama The Red Devil di penyisihan grup Liga Champions musim ini. Pada dua laga sebelumnya Setan Merah kalah.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Harry Maguire menjadi pahlawan Setan Merah setelah pencetak satu-satunya gol pada menit ke-72 melalui sundulannya. Sementara, Andre Onana melakukan penyelamatan atas tendangan penalti lawan pada menit akhir menjelang pertandingan bubar.

Hal tersebut membuat heboh publik sepak bola dunia, termasuk Indonesia. Perbincangan mengenai Harry Maguire dan Andre Onana meluas di media sosial.

Seperti halnya perbincangan di kolom komentar akun Instagram sctv.sports atas unggahan video terciptanya gol yang dicetak Maguire dan penyelamatan yang dilakukan Onana, Rabu.

Pengguna akun xanartwork menyebut permainan Harry Maguire di beberapa pertandingan terakhir memang bagus. Dia menilai Maguire telah banyak belajar dari kesalahan yang dilakukan sebelumnya.

beberapa pertandingan terakhir permainan maguire bagus, sepertinya dia belajar dari kesalahan. Good job!,” tulis dia.

Ada juga yang merasa Maguire dan Onana kali ini mengubah tradisi di dunia media sosial. Biasanya media sosial penuh cacian, perundungan, cemoohan, olok-olok, dan tindakan negatif lainnya setiap Manchester United seuai menjalani pertandingan, kini mendadak sepi.

Itu lantaran Maguire dan Onana yang biasanya menjadi sasaran tindakan itu sekarang menjadi pahlawan.

biasa MU kalah pagi pagi buka IG udh bnyk yg nge buly lah ini MU menang sepi,” tulis pengguna akun maulanabudii.

Netizen lainnya menilai untuk saa ini Maguire dan Onana layak mendapat pujian setelah menjadi penentu kemenangan Setan Merah.

pemain yang paling banyak hatersnya sekarang layak mendapat banyak pujian,” tulis pengguna akun syahdan.estu.

Dalam laga dini hari tadi, Copenhagen mendapat peluang lebih awal memecah kebuntuan saat Maguire lengah sehingga bola dapat direbut Mohamed Elyounoussi, dan umpan silang mantan pemain Southampton itu hanya dapat diarahkan ke tiang gawang oleh Diogo Goncalves.

United kesulitan menciptakan peluang ke gawang tamunya. Pelatih Erik ten Haag merespons dengan memasukkan pemain Denmark Christian Eriksen, namun upaya tersebut urung membuahkan hasil.

Kiper United Onana kemudian melakukan penyelamatan penting saat ia mencegah tembakan Lukas Lerager melesak ke sudut atas gawang. Beberapa saat kemudian, Elias Achouri melepaskan sepakan voli melebar saat ia berada dalam kondisi tidak terkawal.

Justru Maguire yang kemudian memecah kebuntuan, saat ia menyambut umpan silang Eriksen dengan sundulan akurat ke gawang Copenhagen pada menit 72 atau 18 menit sebelum waktu normal habis.

Setelah itu United memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan, namun baik Garnacho maupun Scott McTominay gagal memaksimalkan peluang yang mereka miliki.

McTominay kemudian melakukan pelanggaran terhadap Elyonoussi di kotak terlarang menjelang pertandingan usai.

Kali ini, Onana yang menjadi penyelamat United saat ia menggagalkan eksekusi penalti Larsson, untuk mengamankan tiga poin bagi raksasa Inggris tersebut.

Kemenangan ini membawa United menggeser Copenhagen untuk naik ke posisi ketiga, dan tertinggal satu poin dari Galatasaray.

Harry Maguire dan Andre Onana kerap menjadi bulan-bulanan publik sepak bola dunia karena penampilan mereka yang tak memuaskan. Bahkan, mereka sering dituding sebagai penyebab kekalahan Man United.

Pada laga Liga Champions 2023/2024 sebelumnya, Andrea Onana melakukan blunder sehingga dinilai turut andil dalam kekalahan MU saat menghadapi Bayern Munchen dengan skor 3-4.

Demikian halnya Harry Maguire. Dia melakukan blunder di sejumlah pertandingan penting MU yang berbuah gol untuk tim lawan.

Namun, kali ini keduanya menjadi pahlawan kemenangan MU yang membuka asa Setan Merah untuk lolos ke fase berikutnya setelah dua kali kalah di laga pertama dan kedua.



 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya