SOLOPOS.COM - Pemain timnas U-22 Thailand merayakan gol saat berlaga di SEA Games 2023 Kamboja, belum lama ini. (Twitter/@Changsuek_TH).

Solopos.com, JAKARTA–Manajer timnas U-22 Thailand Yutthana Yimkarun memutuskan mundur dari posisinya menyusul keributan dengan timnas U-22 Indonesia di laga final SEA Games 2023 Kamboja.

Dilansir dari Thai League Central, Yutthana memutuskan mengundurkan diri sebagai manajer timnas U-22 Thailand sebagai bentuk dari tanggung jawab atas kericuhan yang terjadi di laga final SEA Games 2023.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Federasi Sepak Bola Thailand juga telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait insiden tersebut. Dalam pernyataannya, FA Thailand mengaku kecewa dan meminta maaf kepada seluruh pihak akibat insiden yang merusak citra sepak bola Thailand.

“Gambaran yang muncul di hadapan penonton, baik di lapangan maupun penggemar sepak bola di seluruh dunia, telah menimbulkan kerugian besar bagi timnas sepak bola Thailand,” ungkap FA Thailand di akun Instagram resminya.

FA Thailand juga akan membentuk komite untuk melakukan penyelidikan terhadap pihak yang terkait untuk mengetahui fakta yang terjadi.

“Ada hukuman berat tanpa perlindungan bagi personel yang menyebabkan kerusakan dalam insiden ini. Proses ini akan dimulai segera setelah tim kembali ke Thailand,” ungkap mereka.

Sebelumnya, partai final cabang olah raga sepak bola SEA Games 2023 yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023), sempat diwarnai insiden adu jotos.

Keributan pecah saat kedudukan 2-2 pada pertandingan keras timnas Indonesia melawan Thailand. Insiden itu terjadi setelah sejumlah ofisial Thailand mendatangi bench pelatih dan pemain cadangan timnas Indonesia.

Hal itu membuat aparat keamanan harus turun ke lapangan untuk memisahkan. Nasib nahas dialami manajer timnas U-22 Indonesia Kombes Pol. Sumardji yang menjadi korban dalam keributan tersebut.

Sumardji yang awalnya ingin menahan justru terkena serangan dan mendapat luka di bibir. Dalam laga final ini, Indonesia secara dramatis menang atas Thailand dengan skor 5-2. Kemenangan ini juga merupakan medali emas pertama buat Merah Putih sejak 32 tahun lalu.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Buntut Insiden di Laga Final Sea Games 2023, Manajer Timnas U-22 Thailand Mundur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya