SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MANCHESTER—Klub kaya raya Inggris, Manchester City meluncurkan MCFC Analytics, Jumat (17/8). MCFC Analytics adalah fasilitas berbagi data untuk keperluan analisis pertandingan sepak bola.

Pengumuman itu disampaikan Head of Performance Analysis Manchester City Football Club, Gavin Fleig, dalam Blog OptaPro, Kamis (16/8) waktu setempat. Ia mengatakan, komunitas analisis statistik sepak bola semakin berkembang dalam tiga tahun terakhir. Sayang ketidaktersediaan data menjadi kendala mereka.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Kami meluncurkan MCFC Analytics untuk berbagi data dengan komunitas dan menjalin hubungan baik untuk berkolaborasi dengan mereka,” tulis Fleig dalam blog tersebut.

Ia menambahkan, pihaknya tak hanya menyediakan data namun juga mencoba menginspirasi budaya penggunaan data dan distribusinya. “Kami berharap suatu saat semua data tentang sepak bola dapat diakses siapa saja. Waktu yang akan berbicara,” imbuhnya.

MCFC Analytics dapat diakses melalui www.mcfc.co.uk/mcfcanalytics di mana anggota komunitas tersebut akan mendapat paket data gratis dari Opta. Data tersebut diambil dari setiap aktivitas sepak bola Barclays Premier League musim 2011-2012. Pengunjung hanya perlu bergabung dengan komunitas MCFC Analytics dan data akan dikirim melalui email dalam waktu 48-72 jam.

“Mahasiswa, ahli statistik, penggemar sepak bola dan siapapun dapat menggunakannya untuk keperluan lebih lanjut,” kata Fleig.

Hingga berita ini ditulis, layanan tersebut belum diaktifkan pihak klub. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya