SOLOPOS.COM - Pemain Bayern Schweinsteiger berebut bola dengan Giggs dari MU. JIBI/Reuters/Stefan Wermuth

Solopos.com, MANCHESTER — Manchester United menahan imbang 1-1 saat menjamu Bayern Munchen pada leg pertama perempatfinal Liga Champions di Old Trafford, Rabu dini hari (2/4/14) WIB. Kedua gol diciptakan di babak kedua.

Babak pertama berjalan dalam tempo sedang dan berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Statistik menunjukkan Munchen unggul dalam penguasaan bola sebesar 78 persen dan melepaskan sembilan tembakan, satu di antaranya mengarah ke gawang. Sementara MU melepaskan enam tembakan, dua di antaranya mengarah ke gawang.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Dalam laga yang disiarkan langsung SCTV itu, kendati MU berperan sebagai tuan rumah namun memilih strategi bertahan dan memberi peluang Bayern Munchen untuk menguasai bola. Setan Merah, turun dengan formasi 4-4-2 mengandalkan duet Rooney-Welbeck, memilih bertahan dan memanfaatkan serangan balik.

Sementara itu, Munchen bermain dalam tempo sedang dan berusaha menjaga penguasaan bola. Umpan-umpan pendek dengan fokus ke kedua sayap menjadi andalan tim besutan Josep Guardiola, denganformasi 4-5-1. Thomas Muller menjadi penyerang tunggal didukung trio Robben-Kroos-Ribery.

Seperti juga dilansir Inilah.com, Bayern Munchen langsung terlihat memegang kendali permainan saat laga baru berlangsung, sementara tuan rumah cukup nyaman memasang garis pertahanan yang cukup dalam.

Peluang didapat Munchen pada menit ke-14 Kroos mendapatkan ruang tembak dari dalam kotak penalti, memanfaatkan situasi sepak pojok. Namun tendangannya masih bisa dihalau bek lawan.

Shot on goal pertama tercipta pada menit ke-31. Dari luar kotak penalti, Robben melepaskan tendangan melengkung ke sisi kanan gawang MU namun bola bisa ditepis kiper David de Gea.

Semenit kemudian MU membalas. Tendangan Welbeck dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Manuel Neuer.

Ancaman yang lebih berbahaya diciptakan MU pada menit ke-38. Bayern Munchen yang terlalu nyaman mengurung pertahanan MU dengan delapan pemain dikejutkan oleh serangan balik. Bola terobosan Rooney kepada Welbeck gagal dipotong Javi Martinez.

Welbeck pun tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Neuer. Sayang, upayanya mencongkel bola kurang sempurna. Bola tak melambung cukup tinggi, masih bisa ditepis Neuer.Hingga babak pertama usai, kedudukan imbang tanpa gol masih bertahan.

Dua menit setelah babak kedua dimulai, Bayern mengancam lewat Schweinsteiger. Namun, seperti dilansir detiksport, tembakan Schweinsteiger masih melenceng. Meski lebih banyak bertahan, MU justru bisa mencetak gol pada menit ke-58. Memanfaatkan tendangan sudut Wayne Rooney, Vidic yang tak terkawal menyundul bola ke pojok bawah gawang Bayern. MU 1, Bayern 0.

Melihat timnya tertinggal, pelatih Bayern Pep Guardiola menarik keluar Thomas Mueller dan memasukkan Mario Mandzukic. Keputusan Guardiola ini terbukti tepat karena Mandzukic berperan besar dalam terciptanya gol penyama Bayern pada menit ke-67.

Rafinha yang menggiring bola di sisi kanan mengirim umpan silang. Mandzukic kemudian memanfaatkan kepalanya untuk memantulkan bola ke arah Schweinsteiger. Tak menyia-nyiakan peluang, Schweinsteiger menyambar si kulit bundar dengan tembakan first time yang tak bisa diantisipasi De Gea.

Beberapa saat kemudian, Bayern nyaris berbalik unggul. Tapi, tembakan Robben mengarah ke samping gawang. Robben kembali mendapatkan peluang pada menit ke-78. Mendapatkan umpan dari Mario Goetze, dia menembak dari dalam kotak penalti. Namun, arah bola masih melebar.

Bayern akhirnya harus menuntaskan laga dengan sepuluh pemain. Schweinsteiger diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua gara-gara melanggar Rooney. Hingga peluit panjang berbunyi, skor tak mengalami perubahan. MU 1, Bayern 1. (JIBI/Solopos)

Manchester United: David De Gea; Phil Jones, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Alexander Buttner; Antonio Valencia, Michael Carrick, Marouane Fellaini, Ryan Giggs; Wayne Rooney, Danny Welbeck. Pelatih: David Moyes.

Bayern Munchen: Manuel Neuer; Rafinha, Javi Martinez, Jerome Boateng, David Alaba; Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, Franck Ribery, Toni Kroos, Arjen Robben; Thomas Muller. Pelatih: Josep Guardiola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya