SOLOPOS.COM - Warga melintas di samping replika mobil balap listrik Formula E yang dipamerkan di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (26/3/2023). (Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA–Panitia Formula E 2023 Jakarta mengklaim Indonesia menjadi penyelenggara terbaik dari seluruh seri yang pernah terlaksana sejak 2015.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Formula E 2023 Jakarta Ananda Mikola saat melaporkan perkembangan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Formula E tahun ini kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Ditp Ariotedjo di Ruang Rapat Lantai X Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Formula E 2023 Jakarta yang akan dilaksanakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, 3-4 Juni mendatang.

“Kejuaraan dunia Formula E seri 2023 ini akan dilaksanakan pada 3-4 Juni 2023. Indonesia juga mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah di dua seri [seri 10 dan seri 11]. Tahun lalu kita hanya satu seri,” ujar Ananda didampingi pimpinan perlombaan Bagoes Hermanto dan Dirut Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin dikutip dari Antara, Selasa (2/5/2023).

Menurut dia, selain cukup baik pada penyelenggaraan Formula E pada tahun sebelumnya, FIA melihat Indonesia menjadi penyelenggara terbaik dari seluruh seri yang pernah terlaksana sejak 2015.

“Untuk tahun ini harapannya kita bisa mengulang kesuksesan seperti tahun lalu, dari segi penonton dan jalannya event. Tahun lalu ada 400 anak bangsa yang bekerja sebagai RC [racing communitty], itu sebagai jantungnya event. Tugas mereka itu berjalan mengawasi jalannya lomba sebagai marshal dan lain-lain,” ulas Ananda.

“Harapannya agar pemerintah bisa terus mendukung event ini. Ini adalah muka Indonesia di mata dunia. Ini adalah kejuaraan dunia setara dengan Formula 1. Ke depan olahraga otomotif ini menggunakan [konsep] go green atau elektrik dan ini juga sebagai campaign dari negara-negara G-20. Kita mengundang Pak Menteri hadir mengecek kesiapannya,” sambung Ananda.

Sebagai informasi, FIA Formula E telah merilis kalender balap musim kesembilan tahun 2023. Dalam kalender tersebut Formula E 2023 di Jakarta bakal digelar selama dua hari, 3-4 Juni. Pelaksanaannya usai gelaran di Monaco pada tanggal 6 Mei.

Sementara itu, Menpora Dito mengatakan Kemenpora bakal mendukung pelaksanaan Formula E 2023 Jakarta. “Nanti kita support insyaallah dan nanti akan kita coba kolaborasikan,” kata Menpora Dito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya