SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertandingan perahu naga Asian Games Hangzhou 2022 yang digelar 2023. (Antara).

Solopos.com, HANGZHOUIndonesia merebut medali emas perahu naga nomor 1.000 m putra Asian Games Hangzhou di Wenzhou Dragon Boat Centre, Jumat (6/10/2023).

Pada hari yang sama, tim perahu naga nomor 1.000 m putri meraih medali perak.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Dikutip dari Antara, Maizir Riyondra dan kawan-kawan di tim putra menyelesaikan lomba jarak panjang tersebut dengan catatan waktu 4:31,135.

Selepas start hingga melintasi titik 250 m, Indonesia sempat tertinggal di peringkat lima sebelum mengerahkan seluruh tenaga mereka merangsek ke posisi kedua membuntuti China yang memimpin separuh jalan.

Pada 500 m terakhir, Indonesia perlahan tapi pasti mengejar tim tuan rumah yang memimpin lomba sejak start. Hingga kayuhan-kayuhan terakhir para pedayung Indonesia membawa perahu naga beradu cepat dan melintasi finis 0,047 detik lebih awal dari China.

Tim tuan rumah harus mengakui kekalahan mereka dengan margin sangat tipis untuk berpuas diri dengan medali perak, sedangkan Myanmar berhak atas perunggu di peringkat ketiga.

Medali emas itu menjadi yang pertama bagi tim Indonesia di cabang perahu naga Asian Games Hangzhou. Ini menjadi medali emas ketujuh untuk Indonesia. Enam medali emas kontingan Merah Putih lainnya disumbangkan angkat besi, panjat tebing, sepeda balap, tembak, dan wushu.

Sementara itu, tim perahu naga nomor 1.000 m putri menyabet medali perak.

Raudani Fitra dan kawan-kawan menyelesaikan nomor jarak panjang itu dengan catatan waktu 4:55,400. Mereka tak mampu menyalip tim China yang dominan sejak start.

Di saat tim tuan rumah membangun jarak dari rival-rivalnya, 14 pedayung putri Indonesia berupaya mempertahankan posisi di peringkat kedua menyusul serangan dari Korea Selatan dan Korea Utara setelah separuh jalan.

Meski mengerahkan seluruh tenaga mereka, tim putri Indonesia hanya bisa menyaksikan tim China menyentuh finis 3,937 detik di depan untuk membawa pulang medali emas.

Korea Selatan merebut perunggu setelah finis 0,283 detik di belakang perahu tim Merah Putih.

Cabang olahraga (cabor) perahu naga pada Kamis (6/10/2023), menyumbangkan dua medali perak dari nomor 500m putra dan putri. Sehari sebelumnya, cabor yang sama satu medali perak di nomor 200 m putri dan satu perunggu nomor 200 m putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya