SOLOPOS.COM - Pemain timnas sepak bola wanita Inggris merayakan kemenangan melawan Australia di babak semifinal Piala Dunia Wanita 2023 di Australia, Kamis (17/8/2023) WIB. Inggris melaju ke babak final setelah menang 3-1 pada laga itu. (Instagram/fifawomensworldcup).

Solopos.com, SOLOTimnas sepak bola wanita Inggris mengukir sejarah kali pertama sukses menembus Piala Dunia Wanita. Rekor ini ditorehkan Lionesses seusai menumbangkan tuan rumah Australia di laga semifinal Piala Dunia Wanita 2023 dengan skor 3-1, Kamis (17/8/2023) WIB.

Dengan demikian Inggris akan berhadapan dengan Spanyol di partai puncak pada Minggu (20/8/2023) mendatang.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Dikutip Solopos.com dari Olympics, Kamis, tiga gol Inggris diciptakan Ella Toone, Lauren Hemp, dan Alessia Russo. Sementara, satu gol Australia dicetak Sam Kerr.

Gol Sam Kerr menyamakan skor menjadi 1-1, tetapi tuan rumah tidak mampu menghadapi serangan akhir Inggris.

Ini adalah final Piala Dunia Wanita pertama bagi Juara Eropa, Inggris. Australia akan bermain melawan Swedia dalam pertandingan perebutan tempat ketiga dan keempat untuk medali perunggu.

Lionesses memulai pertandingan dengan inisitif menyerang terlebih dahulu. Namun, Australia yang di hadapan pendukung sendiri bermain ngotot. Bahkan, mereka mampu menciptakan peluang tetapi belum berbuah gol.

Setelah setengah jam pertandingan yang berlangsung seimbang, Ella Toone melepaskan tendangan keras yang menghantam gawang Mackenzie Arnold.

Bola meluncur ke sudut atas gawang Australia membuat Inggris memimpin 1-0 menjelang turun minum. Skor itu bertahan hingga babak pertama usai.

Secara umum, kedua tim bermain dengan tempo cepat. Bahkan, lebih cepat dibanding pertandingan lain yang telah dimainkan kedua tim di turnamen akbar ini.

Kurang dari dua puluh menit setelah babak kedua dimulai, Sam Kerr menyamakan kedudukan bagi Matildas. Gol jarak jauh yang luar biasa dari Kerr membangkitkan semangat tim tuan rumah.

Sementara Inggris kesulitan menghadapi serangan mereka. Namun, delapan menit kemudian, pemain sayap Lauren Hemp kembali memberikan keunggulan untuk Inggris setelah memanfaatkan kekeliruan pertahanan Australia.

Saat Australia berupaya mencari gol penyama kedudukan, Kerr melepaskan tembakan dari jarak dekat tetapi masih melenceng. Itu menjadi salah satu peluang terbaik mereka dalam pertandingan.

Pada menit ke-86, pencetak gol sebelumnya, Lauren Hemp, memberikan umpan ciamik kepada Alessia Russo yang dengan tenang melesakkan bola ke gawang Mackenzie Arnold. Gol itu mengantarkan Inggris ke final Piala Dunia Wanita FIFA untuk pertama kalinya.

Jika menang, Inggris akan menjadi tim pertama yang bisa mengawinkan gelar juara Kejuaraan Eropa Wanita dan Piala Dunia Wanita yang direngkus secara beruntun sejak rekor dibuat Jerman pada 2005.

Meskipun perjalanan Australia menuju final telah berakhir, mereka kini harus menjalani satu pertandingan terakhir.

Mereka akan menghadapi Swedia pada Sabtu (19/8/2023) waktu Australia di Brisbane untuk memperebutkan tempat ketiga di Piala Dunia Wanita 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya