SOLOPOS.COM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU berhasil membawa pulang empat medali di kejuaraan Karate Internasional Thailand Open 2023 (Antara/HO UMSU)

Solopos.com, MEDAN – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU berhasil membawa pulang empat medali, masing-masing berupa 1 emas dan 2 perak serta 1 perunggu pada kejuaraan Karate Internasional Thailand Open 2023 yang berlangsung di Pathum Tani Thailand pada 6-10 September 2023.

Rektor UMSU, Agussani, di Medan, Senin (11/9/2023), menyampaikan apresiasi dan selamat kepada para mahasiswa yang telah mengharumkan nama Indonesia, khususnya UMSU dengan prestasi di kejuaraan karate internasional.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

“Prestasi internasional yang diraih menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia khususnya UMSU,” kata dia.

Rektor juga menyampaikan prestasi yang diraih mahasiswa UMSU di level Internasional menunjukkan bukti kualitas perguruan tinggi swasta tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri. Apalagi kejuaraan internasional karate tersebut banyak diikuti atlet-atlet yang tidak hanya lingkup ASEAN, namun ada juga dari Eropa.

“Apa yang diraih mahasiswa ini bisa menjadi motivasi bagi yang lainnya untuk sungguh-sungguh berlatih mengembangkan bakat dan kemampuan. Sementara para mahasiswa yang meraih prestasi untuk tidak cepat merasa puas dan terus berlatih karena mempertahankan prestasi jauh lebih sulit dari meraihnya,” katanya.

Kejuaraan tersebut diikuti 659 atlet dari 18 negara antara lain Perancis, Hongkong, Belanda, Nepal, Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand dan Indonesia.

Medali emas UMSU berhasil diraih Nicky Dwi Oktary pada nomor kumite senior female +61 Kg, perak oleh Reza Mahendra di nomor Kumite Male +75 Kg dan Maxmiliano Efendi yang turun di nomor Kumite Male +84 Kg. Di nomor ini Max nyaris saja meraih medali Emas, namun karena cedera serius ia akhirnya harus puas dengan hanya membawa pulang medali perak.

Selanjutnya, Neo Zhanjibran dan Hanifsyah meraih medali perunggu kategori senior pada nomor Kata team male.

Sementara Wakil Rektor III UMSU Dr.Rudianto, MSi menambahkan, UMSU memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan prestasi di bidang akademik dan non akademik.

Kampus menyediakan sarana dan prasarana kepada mahasiswa untuk bisa meraih prestasi baik di level nasional dan internasional.

Sementara itu Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Radiman, yang ikut mendampingi dan menyaksikan secara langsung kejuaraan ini menyampaikan bahwa atlet karateka UMSU sudah berjuang maksimal.

“Bagi mahasiswa yang baru bergabung di UMSU yakni Aji dan Nasywa kejuaraan ini bertujuan untuk menambah pengalaman mengikuti kejuaraan internasional dan atlet senior sebagai persiapan jika nanti menjadi perwakilan sumatra utara mengikuti PON ke 21 tahun 2024 dan mudah-mudahan menjadi perwakilan Indonesia pada SEA Games tahun 2025,” katanya.

Dalam.kesempatan itu, Muhammad Rian Fauzan Ketua Ukm Karate mewakili para atlet menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor Agussani, para wakil rektor dan civitas akademika UMSU atas dukungan moral dan materil sehingga UKM Karate UMSU menjadi satu satunya kampus di Sumatra yang mengikuti kejuaraan bergengsi ini.

Kejuaraan tahun ini sangat spesial karena banyaknya atlet mancanegara yang tampil. Apalagi kekuatan antar negara tampak hampir berimbang. Selain itu banyak tim nasional ikut berpartisipasi memanfaatkan kejuaraan ini sebagai ajang uji coba menjelang PON 2024 dan SEA Games Tahun 2025

Mahasiswa UMSU yang mengikuti kejuaraan ini antara lain Yudha Arya Guna, Hanifsyah Siregar, Neo Zhanjibran, Nicky Dwi Oktary, Reza Mahendra dan Maxmiliano Efendi, pelatih M. Arif Fhadilah, turut mendampingi Muhammad Rian Fauzan Ketua Ukm Karate UMSU dan Radiman, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya