SOLOPOS.COM - Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan (Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, JAKARTA – Ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan mengaku bersyukur masih bisa bertahan dalam lima besar ranking dunia Federasi Badminton Dunia (BWF) meski menjadi pasangan paling senior yang masih aktif berlaga dalam berbagai turnamen bulu tangkis internasional.

“Peringkat turun ke lima, kalau buat saya di Top Five sudah bagus. Realistis saja, yang penting di tiap pertandingan masih bisa kasih yang terbaik,” kata Hendra Setiawan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (13/10/2022).

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Seperti diketahui, Hendra/Ahsan tergolong sudah tak  muda lagi. Ahsan kini berusia 35 tahun, sedangkan Hendra sudah 38 tahun.

Bagi pasangan berjuluk The Daddies, pergeseran ranking BWF menjadi permakluman mengingat kini badan olahraga tersebut telah kembali mengaktifkan perolehan poin setelah dibekukan akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data laman resmi BWF, saat ini pasangan Hendra/Ahsan menduduki ranking kelima pada pekan ke-40. Sebelumnya Hendra/Ahsan menikmati ranking kedua dunia, namun posisi mereka harus tergerus oleh pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang merangsek menggantikan The Daddies.

Baca Juga: Ranking BWF Terbaru Dirilis, Posisi Marcus/Kevin Melorot Lagi

Posisi mereka kembali berubah pada pekan ke-36 dengan menempati ranking empat setelah digeser oleh ganda putra peraih medali emas Olimpiade Tokyo Lee Yang/Wang Chi Lin asal Taiwan.

Pada pekan ke-40 barulah posisi Hendra/Ahsan tergusur hingga peringkat 5 seperti saat ini.

“Wajar ya peringkatnya pada turun karena tahun ini poin-poin sudah unfreeze. Sekarang masih oke lah. Lihat nanti peluangnya seperti apa di tur Eropa, optimistis bisa lolos dari (potensi bertemu) teman sendiri,” ujar Hendra.

Degradasi tak hanya dialami oleh The Daddies, namun juga Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang sebelumnya memuncaki ranking BWF.

Baca Juga: Daftar 16 Wakil Indonesia yang Bertarung di Denmark Open 2022, Ginting Dikirim

Pebulu tangkis yang pernah memboyong medali emas Olimpiade itu berharap sektor ganda putra Indonesia kembali digdaya dengan merebut posisi teratas.

Secara pribadi Hendra masih melihat potensi Kevin/Marcus untuk kembali ke peringkat satu dunia, asalkan bisa bermain lebih konsisten dari setiap turnamen yang tersisa sepanjang musim ini.

“Harapannya tahun ini ada yang naik ke peringkat satu lagi, siapa pun lah. Kalau Minions saya melihatnya masih optimistis,” pungkas Hendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya