SOLOPOS.COM - Pelatih Indra Sjafri (kanan) memeluk pemain timnas U-22 Indonesia seusai mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 di semifinal SEA Games 2023, Sabtu (13/5/2023). (Twitter/@PSSI).

Solopos.com, SOLO—Presiden pertama Pasoepati, Mayor Haristanto, mengusulkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menggelar nonton bareng (nonbar) pertandingan timnas Indonesia melawan Thailand dalam final cabang sepak bola SEA Games 2023 Kamboja, Selasa (16/5/2023) malam.

Mayor mengusulkan videotron di depan Balai Kota Solo digunakan untuk menayangkan laga final penuh emosi itu.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Berbagai kegiatan yang sering digelar di kawasan Jenderal Sudirman (Jensud) itu menjadi alasan Mayor mengusulkan nonbar di lokasi tersebut.

Mayor berencana membawa bendera merah putih berukuran raksasa sebagai bentuk cinta tanah air kepada masyarakat Kota Solo.

“Kalau nutup jalan di kawasan itu sudah berulang kali. Itu juga tidak lama, sekitar dua jam saja. Sekali-kali nonton bola di jalan. Saya sudah siapkan bendera Indonesia ukuran 9 meter x 12 meter,” kata Mayor, Minggu (14/5/2023).

Dia melanjutkan lagu kebangsaan Indonesia Raya bisa dikumandangkan sekaligus membentangkan bendera sebagai wujud nasionalisme. Dia berharap Indonesia bisa melepas dahaga dengan membawa medali emas sepak bola setelah 32 tahun menunggu.

Mayor sudah mengirim wacana ini kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Nonbar ini juga membawa dukungan dan harapan kepada skuad Garuda Nusantara.

Mayor menyebut sudah berulangkali mengusulkan hal tersebut, namun belum bisa terealisasi. Ia sangat berharap di momentum ini bisa terwujud.

Indonesia berhasil melaju ke final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja setelah meraih kemenangan 3-2 atas Vietnam di semifinal.

Skud Indra Sjafri mencetak tiga gol lewat Komang Teguh, Muhammad Ferrari, dan Muhammad Taufany. Sedangkan, Vietnam membalas lewat gol Nguyen Van Tung dan own goal Bagas Kaffa.

Di babak final, skuad Gajah Putih menanti setelah menaklukkan Myanmar 3-0.

Ini menjadi final ketujuh Indonesia dalam cabor sepak bola putra di SEA Games. Skuad Garuda menang dua kali, terakhir pada 1991 di Filipina.

Dalam catatan pertemuan, Indonesia dan Thailand bertemu dua kali di final SEA Games. Indonesia menang pada edisi 1991 via adu penalti, sedangkan Thailand membalas 22 tahun berselang dengan skor 1-0.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya