SOLOPOS.COM - Lionel Messi dan Kylian Mbappe masing-masing mendapatkan bola emas dan sepatu emas Piala Dunia 2022. (timesnownews.com)

Solopos.com, SOLO—Bomber Prancis Kylian Mbappe mengalahkan kapten Argentina Lionel Messi pada perebutan Golden Boot atau Sepatu Emas alias pencetak gol terbanyak (top skor) dalam Piala Dunia 2022.

Meski demikian Messi kebagian jatah Golden Ball atau Bola Emas yang merupakan simbol penghargaan untuk pemain terbaik Piala Dunia 2022. Penghargaan itu diberikan setelah La Pulga membawa Argentina juara Piala Dunia 2022.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Gelandang Argentina Enzo Fernandez menjadi pemain muda terbaik sedangkan Emi Martinez mendapatkan Golden Glove sebagai penjaga gawang terbaik.

Baca Juga: Trofi Piala Dunia 2022 Jadi Koleksi Ketiga Argentina

Mbappe dan Messi yang sukses pecah telur meraih trofi Piala Dunia 2022 seusai Argentina menundukkan Prancis 7-5 dalam laga final Minggu (18/12/2022) malam WIB, sebenarnya sama-sama memulai laga dengan torehan 5 gol sepanjang kompetisi.

Namun, pada 120 waktu normal dan tambahan waktu sebelum adu penalti, Mbappe sukses menyarangkan hattrick alias 3 gol tambahan kendati dua di antaranya lewat tendangan penalti.

Messi, di sisi lain, mencetak dua gol tambahan yang satu di antaranya dari titik putih. Alhasil, di akhir turnamen, torehan Messi menjadi 7 gol. Satu gol lebih sedikit dari capaian Mbappe (8 gol), yang juga rekan setim Messi di klub Paris Saint-Germain.

Baca Juga: Drama Adu Penalti Antarkan Argentina Juara Piala Dunia 2022

Pertandingan Argentina vs Prancis sendiri berakhir dengan skor 2-2 pada 90 menit waktu normal, dan berujung menjadi 3-3 usai 30 menit tambahan waktu.

Kemudian, pada babak adu penalti, Argentina unggul 4-2 berkat penampilan brilian penjaga gawang Emiliano Martinez.

 

Berikut daftar peringkat pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022

Kylian Mbappe (Prancis) 8 Gol

Lionel Messi (Argentina) 7 Gol

Julian Alvarez (Argentina) 4 Gol

Olivier Giroud (Prancis) 4 Gol

Goncalo Ramos (Portugal) 3 Gol

Alvaro Morata (Spanyol) 3 Gol

Marcus Rashford (Inggris) 3 Gol

Enner Valencia (Ekuador) 3 Gol

Bukayo Saka (Inggris) 3 Gol

Richarlison (Brasil) 3 Gol

Cody Gakpo (Belanda) 3 Gol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya