SOLOPOS.COM - Tim bulu tangkis putri Indonesia membawa bendera Merah Putih saat merayakan kemenangan usai mengalahkan Korea Selatan dalam babak semifinal Piala Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu (4/5/2024). Tim bulu tangkis putri Indonesia melaju ke final setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2 dan akan bertemu dengan China. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa.

Solopos.com, CHENGDU – Indonesia meraih kembali medali perak Uber Cup setelah 2008. Merah-putih kalah 0-3 dari Cina yang menjadi tuan rumah, Minggu (5/5/2024) di Hi Tech Sports Zone Center, Chengdu.

Ini adalah pertama kalinya tim Uber masuk ke Semifinal dalam 16 tahun. Mengalahkan rival di Asia Tenggara, Thailand di perempat final. Tim Uber yang awalnya ‘hanya’ ditargetkan masuk semifinal, ternyata bisa lebih dari ekspektasi dan mencapai final.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Di tim Uber nama-nama seperti Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi dan Ruzana bakal menjadi andalan di sektor tunggal. Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Ruzana adalah para pemain muda yang bahkan sudah menjadi tulang punggung sejak awal.

Sementara di nomor ganda tim Merah Putih bakal diisi oleh Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Lanny Tria Mayasari, Rachel Allessya Rose dan Meilysa Trias Puspitasari. Nama terakhir adalah debutan yang dibawa PBSI kali ini.

Kombinasi pemain muda dan senior ini terbukti efektif. Tim Uber menang 5-0 atas Hong Kong. Di pertandingan kedua, disusul menang 5-0 dari Uganda. Hanya di laga terakhir tim Uber kalah dari Jepang 3-2.

Di perempat final tim Uber tanpa kesulitan menyingkirkan Thailand 3-0. 

Jika dibedah dalam pertandingan ini, cukup menarik, melawan Thailand, Gregoria Mariska untuk pertama kali sepanjang karirnya berhasil mengalahkan Ratchanok Intanon, sekaligus memberi poin perdana bagi Indonesia. Ester Nurumi Tri Wardoyo yang baru berusia 18 tahun jadi penentu kemenangan 3-0 dari Thailand. Tim Uber Cup kembali luar biasa saat menyingkirkan Korea Selatan 3-2.

Dibuka dengan kemenangan Gregoria Mariska Tunjung setelah menang dua set langsung atas Sim Yu-jin, 21-15 dan 21-13. Korea Selatan menyamakan kedudukan setelah pasangan Baek Ha-na/Lee So-hee menang atas Apriyani Rahayu/Siti Fadia dengan skor 21-6, 21-18.

Ester Nurumi Tri Wardoyo kembali memberikan momentum bagi Tim Uber Indonesia setelah menang tiga set atas Kim Ga-ram dengan skor 20-22, 21-16 dan 21-12. Meski begitu, Korea Selatan kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Jeong Na-Eun/Kong Hee-yong menang atas Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, 21-15 dan 21-14.

Di laga penentuan, tunggal belia Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi mengalahkan Kim Min-sun dalam pertandingan ketat di tiga set. Komang menang 17-21, 21-16 dan 21-19. Komang Ayu adalah salah satu tunggal muda dan baru berusia 22 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya