SOLOPOS.COM - Pelatih Uzbekistan U-23, Timur Kapadze (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Pelatih Uzbekistan Timur Kapadze terkesan dengan langkah Indonesia yang lolos ke semifinal Piala Asia U-23 kendati berstatus debutan di turnamen dua tahunan tersebut.

Karenanya Timur Kapadze tak berani menganggap remeh Indonesia dan langsung fokus mempersiapkan tim untuk laga semifinal pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kami menonton pertandingan Indonesia melawan Republik Korea dan mereka menunjukkan bahwa mereka bisa tampil melawan tim-tim besar. Jadi mulai sekarang dan seterusnya, kami akan mulai menganalisis dan mempersiapkannya. Mereka bagus,” ujar Timur Kapadze dalam jumpa pers seusai mengalahkan Arab Saudi 2-0, seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi AFC, Sabtu (27/4/2024).

Kapadze senang setelah timnya melaju ke semifinal dengan kemenangan keempat berturut-turut dan tidak kebobolan gol.

Uzbekistan saat ini menjadi tim tersubur di Piala Asia U-23 dengan koleksi 12 gol. Mereka juga menjadi tim yang belum pernah dibobol lawan.

Di fase grup mereka menghajar Malaysia 2-0, menggilas Kuwait lima gol tanpa balas, dan mempecundangi Vietnam 3-0.

Ketajaman tim asuhan Timur Kapadze ini berlanjut ke babak perempatfinal. Di babak delapan besar tersebut, Jasurbek Jaloliddinov dkk. mengalahkan sang juara bertahan Arab Saudi dengan skor 2-0.

“Ada beberapa momen menegangkan selama pertandingan bagi kedua tim, tapi kami tetap fokus. Pertahanan dimulai dari penyerang, jadi bukan hanya bek kami saja yang bekerja keras untuk mendapatkan clean sheet ini,” ujar Kapadze.

Tak hanya menjadi tim tersubur, Uzbekistan juga menjadi tim yang benteng pertahanannya terkokoh.

Mereka selalu menang sejak fase grup dan belum pernah kebobolan. Statistik ini mirip dengan Korea Selatan U-23 sebelum dikalahkan Indonesia di perempatfinal pada Jumat (25/4/2024) lalu.

Kemenangan melawan Indonesia di semifinal tidak hanya akan membawa Uzbekistan dalam satu pertandingan untuk mendapatkan kembali gelar yang mereka menangkan pada tahun 2018 tetapi juga memastikan tempat mereka di Olimpiade Paris.

“Sungguh luar biasa bisa menang melawan mereka (Arab Saudi), tapi ini baru perempatfinal. Kami masih perlu mempersiapkan dua pertandingan lagi. Saya yakin kami bisa berbuat lebih banyak lagi, dan kami akan bersiap menghadapi pertandingan-pertandingan itu,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya