SOLOPOS.COM - Logo Australian Open

Solopos.com, MELBOURNE – Turnamen tenis Australian Open 2023 akan mencetak rekor total hadiah tertinggi selama penyelenggaraannya.

Pihak penyelenggara mengumumkan kenaikan hadiah Australian Open yang akan digelar pada Januari 2023, sebesar 3,4 persen dari edisi sebelumnya.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Australian Open 2023 akan menyediakan total hadiah US$51,6 juta atau setara Rp806 miliar.

Pemenang gelar untuk sektor tunggal putra dan tunggal putri di Grand Slam musim pertama itu sama-sama akan membawa pulang hadiah sekitar Rp31,3 miliar.

Jumlah hadiah juga akan mengalami kenaikan bagi petenis yang tersingkir. Siapa pun yang kalah di babak pertama akan menerima sekitar Rp1,1 miliar atau naik 3,2 persen, sementara pemain yang kalah di babak kedua mendapatkan kenaikan serupa menjadi Rp1,6 miliar.

Direktur turnamen Australian Open, Craig Tiley, mengatakan total hadiah apabila mencakup pertandingan pemanasan Grand Slam, termasuk United Cup, akan lebih dari Rp1 triliun dan itu baru kali pertama terjadi.

“Sangat penting untuk kesuksesan tenis musim panas Australia yang berkelanjutan bahwa kami memberikan peluang bermain yang kuat dan relevan dan memastikan bahwa pemain terbaik di dunia diberi kompensasi yang sesuai,” kata Tiley dikutip Antara, Kamis (29/12/2022).

“Di Australian Open, kami menaikkan hadiah uang untuk setiap babak dari kualifikasi, hingga final, dengan peningkatan besar di babak-babak awal. Hadiah substansial tersebut membantu pemain berinvestasi dalam karier mereka sendiri, dan dalam banyak kasus, menyiapkan diri mereka untuk sukses sepanjang tahun,” imbuhnya.

Dalam rentang 20 tahun terakhir, hadiah uang Australian Open meningkat lebih dari 321 persen atau sekitar Rp613 miliar, dari sebelumnya Rp191 miliar.

Australian Open 2023 akan berlangsung di Melbourne Park pada 16 Januari mendatang. Salah satu yang menarik dari grand slam ini adalah diundangnya kembali Novak Djokovic setelah dideportasi pada tahun sebelumnya karena menolak vaksinasi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya