SOLOPOS.COM - Tim Jupiter United berfoto bersama setelah meraih juara III kompetisi sepak bola usia dini Piala Wali Kota Solo 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Jupiter United menjadi tim debutan yang mengikuti turnamen Askot PSSI Solo, Piala Wali Kota Solo 2023 di Stadion Mini Solo, pekan lalu. Meski tidak diperhitungkan, tim berkandang di Lapangan Jajar, Laweyan, itu sukses mendapat juara ketiga yang membuat Jupiter United membawa pulang piala untuk pertama kali.

Dalam turnamen yang dihadiri langsung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Jupiter United turun sebagai anak bawang bersaing dengan 23 tim lain.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

“Sebuah kebanggaan bisa jadi peringkat ketiga. Pada awalnya kami tak diperhitungkan sama sekali, namun kerja keras anak-anaklah yang mengantarkan prestasi,” tutur Wahyu Warsito, owner SSB Jupiter United saat dijumpai wartawan, Rabu (22/3/2023).

Menurutnya tim Jupiter United yang dilatih Tri Prisharyadi, Danang Chu dan Daniel ini tidak ditarget untuk menjadi juara dalam turnamen itu. Dia menyampaikan ke pelatih dan anak-anak, turnamen Piala Wali Kota menjadi turnamen pertama yang diikuti sehingga nothing to lose dan jangan berpikir juara namun bermain dengan gembira karena masih anak-anak.

Namun, Jupiter United justru tampil meyakinkan. Jupiter United lolos dari fase Grup F dengan predikat juara grup. Di fase penyisihan ini, Jupiter United menang dua kali atas TNH dan PPP PMC.

Sebagai juara grup, Jupiter United melaju ke babak 16 besar dengan melawan UNS. Di fase ini, Jupiter United kembali meraih kemenangan 3-1 melalui adu penalti.

Di babak 8 besar, giliran UNSA Asmi dikalahkan dengan skor meyakinkan 3-1. Kemenangan ini meloloskan tim yang baru dibentuk dua bulan lalu itu ke babak semifinal.

Di empat besar, Jupiter United kalah dengan skor 0-3 kontra R2. Lawan Jupiter di babak semifinal ini, keluar sebagai juara Piala Wali Kota Solo setelah menang adu penalti 3-1 lawan MARS.

“Kami akui, MARS, R2 dan AT Farmasi adalah tim mapan yang sudah disiapkan cukup lama. Sementara tim Jupiter United baru disiapkan 2 bulan menuju turnamen,” terang Wahyu yang pernah menjabat Manajer Persis Muda Junior itu.

Menurutntnya gelar peringkat ketiga adalah capaian yang sangat luar biasa dari anak-anak tercintanya di sepak bola. Raihan gelar ini menjadi momentum kebangkitan Jupiter United mewarnai sepak bola di Kota Solo.

“Saya termotivasi membina anak-anak usia dini dan ingin mencetak pemain di Kota Solo lewat Jupiter United dengan pembinaan yang benar, disesuaikan umur anak-anak,” kata dia.

Ia menambahkan Jupiter United secara resmi sudah beralih kepemilihan ke Wahyu Warsito sejak Desember 2022. Peralihan itu juga sudah disampaikan ke Askot PSSI Solo melalui Ketua Umum Askot PSSI Solo, Arya Surendra.

“Target jangka pandek, kami akan mengikut turnamen di Tegal pada Mei mendatang. Target jangka panjang tentu mewujudkan mimpi menjadikan SSB Jupiter United berkembang menjadi akademi,” kata Wahyu.

Pelatih Jupiter United, Tri Prisharyadi mengakui Wahyu Warsito tidak memasang target dalam turnamen Piala Wali Kota Solo 2023. Owner Jupiter United, berpesan untuk main lepas saja dan tidak ada target karena baru saja berlatih dua bulan.

Namun, hasil di lapangan berkata lain. Tri sangat bersyukur Jupiter United meraih gelar peringkat ketiga.

“Kami selalu mengajarkan edukasi dan attitude di dalam maupun luar lapangan. Selain bermain bola, anak-anak kami ajak singgah ke panti asuhan untuk berbagi,” tambah Tri.

Bagi Tri dan pelatih lainnya, saat melatih anak-anak usia dini tidak terlepas dari prinsip yang dipegang teguh.

“Saat usia dini prinsipnya belajar main belajar, kalau sudah besar berganti menjadi main belajar main,” kata Tri.

Efek positif dari membawa piala peringkat ketiga Turnamen Piala Wali Kota, Jupiter United banjir pendaftar baru.

Hingga sebelum turnamen, terdata 30 anak yang menjadi siswa tetap SSB Jupiter United. Namun, setelah meraih gelar di turnamen Piala Wali Kota, belasan siswa baru turut mendaftar dan berlatih.

Manajer Jupiter United, Danang Nugroho, mengatakan setelah turnamen banyak anak-anak yang ingin mendaftar bergabung berlatih di Jupiter United.

“Hingga sore ini ada tambahan 15 anak yang berlatih,” kata Danang Nugroho.

Ia menambahkan untuk bergabung menjadi siswa di SSB Jupiter United bisa datang langsung ke tempat latihan.

“Untuk latihan pukul 15.00 WIB, setiap hari Senin di Lapangan Sumber, Selasa di Lapangan Jajar, dan Jumat di Lapangan Sumber,” tambah Danang.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya