SOLOPOS.COM - Lionel Messi melakukan selebrasi saat Argentina memimpin 2-0 atas Kroasia pada babak pertama semifinal Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium Al Daayen, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOArgentina memimpin 2-0 atas Kroasia pada babak pertama semifinal Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium Al Daayen, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Dua gol Argentina dipersembahkan oleh Lionel Messi lewat titik penalti dan Julian Alvarez.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Kroasia lebih mendominasi permainan dengan ball possession sebesar 61,6 persen menurut catatan Transfermarkt. Kroasia juga lebih banyak melakukan percobaan tembakan ke gawang dengan 5 kali sedangkan Argentina 5 kali.

Mengawali pertandingan, Argentina lebih agresif untuk menyerang dibandingkan Kroasia. Meski demikian hingga menit ke-15 belum ada upaya tembakan yang mengarah ke gawang.

Baca Juga: Peserta Piala Dunia 2026 Tambah 16 Negara, Indonesia Realistis Saja

Percobaan diawali Kroasia melalui Dejan Lovren menyambut umpan silang Josip Juranovic melanjutkan tendangan sudut pada menit ke-16. Sundulannya dari sudut sulit di sebelah kanan terlalu tinggi.

Argentina melakukan hal yang sama pada menit ke-25 melalui Enzo Fernández. Dia melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak 16 yang masih bisa diselamatkan.

Enam menit kemudian Ivan Perisic yang mendapat assist Mateo Kovacic melepaskan tembakan dari arah sebelah kiri kotak penalti dan bola sedikit terlalu tinggi.

Baca Juga: Skenario Semifinal Argentina vs Kroasia: Mengejar Misi Ganda

Argentina mendapat hadiah tendangan penalti pada menit ke-32. Kiper Kroasia Dominik Livakovic dinilai melanggar upaya Julian Alvarez di kotak penalti. Livakovic pun dihukum kartu kuning. Wasit juga memberikan kartu kuning kepada Mateo Kovacic.

Lionel Messi yang maju sebagai algojo sukses memberikan gol pertama bagi Argentina pada menit ke-34. Tembakan keras dengan kaki kiri ke arah sudut kiri atas gawang tidak mampu diantisipasi Livakovic.

Tim Tanggo menggandakan keunggulan lima menit kemudian. Julián Álvarez mencatatkan namanya di papan skor melalui aksi individu dan melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari jarak dekat.

Baca Juga: Susunan Pemain Argentina vs Kroasia: Di Maria Cadangan, Argentina 4-4-2

Argentina nyaris mencetak gol ketiga pada menit ke-42. Namun upaya Alexis Mac Allister menyambut umpan silang Lionel Messi lewat sundulan dari sebelah kiri kotak 6 yar masih bisa diselamatkan Livakovic.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

 

Starting XI Argentina vs Kroasia:

Argentina (4-4-2)

Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Leandro Paredes, Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julian Alvarez. Pelatih: Lionel Scaloni

 

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Borna Sosa; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric; Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Mario Pasalic. Pelatih: Zlatko Dalic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya