SOLOPOS.COM - Lionel Messi dan Kylian Mbappe masing-masing mendapatkan bola emas dan sepatu emas Piala Dunia 2022. (timesnownews.com)

Solopos.com, SOLO—Finalis Piala Dunia 2022 kapten Argentina Lionel Messi dan bomber Prancis Kylian Mbappe kembali bersaing meraih gelar bergengsi. Keduanya kini bersaing memperebutkan trofi gelar Pemain Pria Terbaik FIFA 2022 dalam The Best FIFA Football Awards 2022.

Sejak berpisah dari majalah France Football yang memegang lisensi Ballon d’Or pada 2016, FIFA mengadakan penghargaan mereka sendiri bernama The Best FIFA Men Award atau dulunya dikenal FIFA World Player of The Year (1991-2009).

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Sudah ada empat pemenang berbeda, yakni Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, Lionel Messi, dan Luka Modric. Ronaldo dan Lewandowski sudah memenangi dua kali.

Baca Juga: Mbappe Raih Sepatu Emas, Messi Bawa Bola Emas Piala Dunia 2022

Messi dan Mbappe menjadi kandidat kuat peraih Pemain Terbaik FIFA 2022 karena prestasi mereka sepanjang 2022, terutama di Piala Dunia 2022. Selain membawa negaranya ke final, Messi dan Mbappe juga menorehkan prestasi luar biasa.

Messi yang mencetak dua gol di final total membukukan 7 gol di Piala Dunia 2022. Pemain Paris Saint Germain itu juga menyabet pemain terbaik Piala Dunia 2022 atau Golden Ball atau Bola Emas dan mengangkat trofi karena Argentina keluar sebagai juara.

Sementara Mbappe mencetak hat-trick pada final Piala Dunia 2022. Tiga gol yang dicetaknya di laga pamungkas mengantarkan Mbappe sebagai top scorer dengan delapan gol dan mendapat Golden Booth atau Sepatu Emas.

Baca Juga: Link Live Streaming Piala AFF 2022 Brunei vs Indonesia Kick-off 17.00 WIB

Dilansir dari Thepeninsulaqatar, malam penganugerahan Pemain Terbaik FIFA 2022 akan digelar pada 27 Februari 2023. Sementara pemungutan suara dalam berbagai kategori akan dimulai pada 12 Januari 2023.

Penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2022 akan menilai penampilan pemain baik bersama klub maupun saat berkostum tim nasional. Performa pemain yang dinilai berada dalam periode 8 Agustus 2021 hingga 18 Desember 2022 yang merupakan tanggal final Piala Dunia 2022.

The Best FIFA Football Awards 2022 tidak hanya ditujukan kepada pemain serta pelatih sepak bola. Penghargaan ini juga merupakan perayaan di mana penggemar sepak bola diakui, yaitu FIFA Fan Award.

Baca Juga: Skenario Brunei vs Indonesia: Menang Besar, Kans Garuda Puncaki Klasemen

Berikut penghargaan yang diperebutkan dalam Pemain Terbaik FIFA 2022:

  • Pemain Wanita Terbaik FIFA
  • Pemain Pria Terbaik FIFA
  • Pelatih Wanita Terbaik FIFA
  • Pelatih Pria Terbaik FIFA
  • Kiper Wanita Terbaik FIFA
  • Kiper Pria Terbaik FIFA
  • Dunia Wanita FIFA FIFPRO 11
  • FIFA FIFPRO Men’s World 11
  • Penghargaan Permainan Adil FIFA
  • FIFA Puskás Award (diberikan untuk gol terbaik tahun ini)
  • Penghargaan Penggemar FIFA

Baca Juga: Jadwal Piala AFF 2022 Hari Ini: Brunei vs Indonesia, Thailand vs Filipina

Tahun lalu, Alexia Putellas dan Robert Lewandowski memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA kategori wanita dan pria. Lewandowski, striker Polandia, malah meraihnya untuk tahun kedua berturut-turut.

Emma Hayes dan Thomas Tuchel, duo Chelsea saat itu, masing-masing terpilih sebagai Pelatih Wanita Terbaik FIFA dan Pelatih Pria Terbaik FIFA. Edouard Mendy yang mencetak hat-trick untuk klub London Barat tersebut terpilih sebagai Kiper Pria Terbaik FIFA.

Sementara itu Christiane Endler dinobatkan sebagai Kiper Wanita Terbaik FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya