SOLOPOS.COM - UNIK -- Monumen bola di luar Stadion Donbass Arena di Donetsk, Ukraina. (uefa.com)

UNIK -- Monumen bola di luar Stadion Donbass Arena di Donetsk, Ukraina. (uefa.com)

DONETSK – Di sebuah kota berusia tua seperti Donetsk, salah satu lokasi penyelenggaraan Euro 2012 di Ukraina, gedung bersejarah, patung tokoh penting dan monumen peringatan bisa dengan mudah dijumpai. Di antaranya, ada monumen yang unik dan jumlahnya bahkan ada dua, yaitu monumen bola.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Salah satunya, yang tertua, adalah monumen bola berukuran besar yang didirikan tahun 1980-an di dekat stadion klub kebanggaan kota itu, Shakhtar Donetsk, tepatnya di Taman Scherbakov. Monumen itu menjadi lokasi favorit para suporter setempat untuk bikin janji bertemu. “Mau ketemuan di mana? Di tugu bola,” begitu biasanya para suporter bilang tiap kali ada pertandingan Laskar Petambang, julukan Shakhtar. Kota ini memang terkenal juga sebagai pusat industri pertambangan batu bara.

Seperti dilaporkan uefa.com, tugu bola ini sekarang ganti jadi lokasi favorit untuk berfoto dan berkumpul saat Euro 2012, karena dekat pula dengan lokasi fan zone, tempat para penggmar bola bertemu.

Saat Shakhtar membangun stadion baru, Donbass Arena, tradisi memiliki monumen bola di dekat stadion tetap dipertahankan. Tadinya tugu bola yang lama hendak dipindahkan ke stadion baru. Namun akhirnya diputuskan untuk membuat tugu baru.

Tugu bola baru itu dibuat oleh perusahaan Jerman, Tittinger. Bolanya yang terbuat dari batu granit punya bobot 28 ton dengan diameter lebih dari 2,7 meter. Bola ini terpasang di atas dudukan berukuran diameter 3,6 meter dan bobot 12,5 ton.

Meski dibikin baru, monumen bola itu tetap memberikan sentuhan kenangan ciri khas Kota Donetsk yaitu adanya gambar tambang, pesepakbola dan pandangan bagian dalam Donbass Arena. Dan seperti tugu bola yang lama, tugu yang baru ini pun tetap jadi tempat bertemu yang selalu dipilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya