SOLOPOS.COM - Pembalap Honda MotoGP Marc Marquez (tengah) melambaikan tangan bersama pembalap Yamaha Jorge Lorenzo (kiti) dan rekan setimnya dari Honda Dani Pedrosa seusai penentuan pole position MotoGP Spanyol. JIBI/Reuters/Marcelo del Pozo

Moto GP 2015 menyajikan dominasi pembalap Spanyol yang mulai luntur.

Solopos.com, BARCELONA — Dua musim beruntun 2013-2014 kejuaraan balap motor dunia di tiga kelas dikuasai penuh oleh pembalap asal Spanyol. Sedangkan di musim 2015 hanya trofi juara dunia Moto GP yang berhasil diamankan Spaniard. Kenyataan ini tak pelak mengundang tanya akan melunturnya dominasi rider Spanyol.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Dilansir Speedweek.com, Minggu (27/12/2015), di musim 2015 hanya satu kelas dikuasai Spaniard lewat Jorge Lorenzo. Sementara di kelas Moto 2 pembalap asal Prancis, Johann Zarco, yang jadi kampiun setelah membukukan delapan kemenangan. Sedangkan pembalap Inggris, Danny Kent, juara Moto 3 dengan meraih enam podium utama.

Sebagai tambahan, di musim ini sebanyak 57 podium diduduki Spaniard, yakni 27 Moto GP, Moto 2 20, 10 Moto 3). Sementara rider Italia di urutan terbanyak kedua, yakni 39 podium (23 Moto GP, Moto 2 2, 14 Moto 3). Jerman mencatat dua kemenangan lewat pembalap Moto 2, Jonas Folger, di GP Qatar dan Jerez. Total mereka mengemas enam podium, Moto 2 5 kali podium dan sekali di Moto 3.

Padahal dua musim beruntun sebelumnya, tiga kelas ini direbut para pembalap Spanyol. Di musim 2013 kelas Moto GP dijuarai Marc Marquez, Pol Espargaro (Moto 2), dan Maverick Vinales (Moto 3).

Begitu pula di musim 2014 yang membikin sejarah baru dengan adanya kakak beradik jadi juara dunia bersama, yakni Marc Marquez di Moto GP dan Alex Marquez di Moto 3. Sedangkan Moto 2 direbut Tito Rabat yang juga sahabat baik Marquez bersaudara.

Bahkan, di musim 2013 Spaniard berjaya dengan memenangi 47 dari total 53 seri. Di musim 2014 mereka menang 34 kali (16 kali di Moto GP, Moto 2 11 kali, dan 7 kali di Moto 3). Italia mengekor dengan enam kemenangan, (2 kali Moto GP dan 4 kali Moto 3).

Dominasi Spanyol mulai luntur karena musim 2015 para pembalap mereka hanya menang 19 kali. Di kelas Moto 3 tak ada Spaniard yang mampu naik podium utama. Di kelas Moto 2 mereka diselamatkan penampilan apik Tito Rabat serta Alex Rins. Sementara di Moto GP Jorge Lorenzo, Marc Márquez, dan Dani Pedrosa, mengamankan 14 seri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya