SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Moto GP Australia 2015 adalah tempat rekor balapan Rossi paling cemerlang.

Solopos.com, PHILLIP ISLAND— Kejuaraan Moto GP 2015 memasuki fase penting lantaran tinggal menyisakan tiga seri. Publik kembali tertuju kepada dua pembalap Yamaha,Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, yang bertarung demi berebut gelar juara dunia di GP Australia, di Phillip Island, yang digelar akhir pekan ini. Dilihat dari rekor, Rossi punya catatan paling bagus di Phillip Island.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Rossi adalah pembalap tersukes di trek ini dengan delapan kali kemenangan, yakni dua kali di kelas 250 cc, sekali di kelas 500 cc, dan lima kali di Moto GP. Prestasi ini dibuntuti mantan pembalap Honda, Casey Stoner, dengan merebut enam kali podium utama.

Selain itu, pembalap berjuluk The Doctor itu juga tercatat 13 kali naik podium di Phillip Island. Ia datang ke Australia berbekal keunggulan 18 poin dari sang rekan, Lorenzo. Finis kedua di Motegi, G Jepang, akhir pekan lalu memberi Rossi kekuatan berlipat.

“Phillip Island adalah trek yang spesial. Hanya, tak mudah untuk menemukan setting yang pas di trek ini. Di samping itu, cuaca di sana sangat berangin dan dingin. Kami akan melakukan apa pun untuk berada di podium di depan Jorge,” kata Rossi, dilansir speedweek.com, Rabu (14/10/2015).

Meskipun demikian, Lorenzo diyakini akan menuntut balas di trek sepanjang 4,445 km. Pembalap asal Spanyol tersebut pernah berjaya tiga kali, yakni dua kali saat masih berlaga di kelas 250 cc (2006 dan 2007) dan sekali di Moto GP (2013).

“Saya kehilangan poin di Motegi. Tapi, peluang saya untuk meraih gelar masih terbuka. Memang benar jarak 18 poin itu tak mudah, namun saya tak mau menyerah. Phillip Island selalu menyenangkan. Cuaca akan sangat mempengaruhi. Kami siap untuk apa pun yang terjadi nanti,” papar Lorenzo.

Pertarungan internal jagoan Yamaha ini bisa makin panas dengan keikutsertaan duo Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Kemenangan Dani di Jepang membuktikan diri masih layak diperhitungkan sebagai pembalap kelas atas Moto GP. Sedangkan Marquez punya target besar lantaran Phillip Island belum pernah ia taklukkan sejak berada di kelas premier.

“Motegi membawa hasil luar biasa di tengah akhir pekan yang sulit. Sekarang saya sangat percaya diri dan ingin melanjutkan hasil apik ini di Australia,” jelas Pedrosa. (Farida Trisnaningtyas/JIBI)

Rekor GP Australia, Phillip Island
• Kemenangan Terbanyak
– Pembalap
1. 8 kali – Valentino Rossi :
– Moto GP (2002, 2003, 2004, 2005, 2014,
– 500 cc (2001)
– 250cc (1998, 1999)

2. 6 kali – Casey Stoner
– Moto GP (2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012)

• Tim
– 5 kali – Honda
– 4 kali – Ducati, Yamaha
– 1 kali – Suzuki

*Sumber: motogp.com. (rid/JIBI)

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akan kembali bersaing di Moto GP Australia. Ist/Reuters

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akan kembali bersaing di Moto GP Australia. Ist/Reuters

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya