SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, VALENCIA – Publik dikejutkan dengan kabar perpisahan juara dunia tujuh kali MotoGP, Valentino Rossi dengan mekanik andalannya, Jeremy Burgess di seri terakhir Valencia, GP Spanyol akhir pekan lalu. Yamaha pun langsung bergerak cepat untuk mengantisipasi hal ini dengan memperkenalkan Silvano Galbusera sebagai pengganti Burgess di kursi chief mekanik tim Rossi untuk musim depan.

Padahal publik mengenal sosok Rossi yang tak bisa dilepaskan dari tangan ulet Burgess untuk urusan mekanik. Keduanya telah menjalin kerja sama sejak musim 2000. Kemanapun pembalap berjuluk The Doctor ini pergi di situlah Burgess berlabuh. Namun, hubungan mesra ini akhirnya harus diakhiri seiring dengan usia sang mekanik yang tak mampu lagi mengawal sepak terjang sang legenda. Di samping itu, keputusan ini seiring dengan keinginan Rossi yang ingin melalukan perubahan dengan menjajal sesuatu yang berbeda.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Galbusera sendiri sudah cukup lama malang melintang di dunia balap motor. Ia dikenal setelah menangani mantan juara dunia 250cc, Marco Melandri saat pembalap Italia itu berlaga di ajang World Superbike (WSBK).

“Saya berterima kasih kepada Yamaha dan Valentino atas kesempatan besar bagi saya untuk bekerja di level teratas ini. Saya juga senang bisa kembali ke Yamaha dan bekerja sama bersama tim papan atas ini,” terangnya, seperti dilansir Autosport, Senin (11/11/2013) WIB.

Galbusera mengawali kariernya di dunia balap motor pada 1979 bersama Gilera. Ia menghabiskan waktu 14 tahun bergelut di bidang mekanik di kelas balap 250cc bersama pembalap seperti Alessandro Gramigni dan Paolo Casoli. Ia juga sempat menangani ajang reli Afrika dengan Michele Rinaldi. Ia kemudian berpindah ke ajang 500cc bergabung dengan John Kocinski.

Ia bergabung dengan Yamaha pada 2011. Saat itu ia dipercaya menjadi direktur teknik dan chief crew Yamaha di ajang WSBK dan World Supersport. Ia menangani pembalap seperti Troy Corser, Noriyuki Haga, Cal Crutchlow serta pernah membantu Ben Spies meraih gelar juara WSBK 2009. Sedangkan di musim 2012/2013 ia membantu Melandri bersama BWM di kejuaraan WSBK.

“Saya senang Silvano kembali lagi ke Yamaha. Bekerja sama dengannya selama 10 tahun adalah sesuatu yang luar biasa. Saya tahu dia akan butuh waktu untuk belajar MotoGP, tetapi saya tidak meragukan kemampuannya dan saya yakin ia akan membawa Valentino lebih sukses lagi,” papar Direktur Yamaha, Massimo Meregalli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya