SOLOPOS.COM - Pembalap Honda, Marc Marquez, merayakan kemenangannya di atas podium utama setelah finis tercepat di GP Aragon, Minggu (29/9/2013). (JIBI/Reuters)

Solopos.com, PHILIP ISLAND – Pembalap debutan MotoGP, Marc Marquez tinggal selangkah lagi merengkuh gelar juara dunia di musim perdananya jika ia bisa menjuarai GP Australia yang digelar di Philip Island akhir pekan ini. Sang rookie ini tinggal melakoni ujian pertama dari tiga seri terakhir.

Pembalap 20 tahun ini berpeluang besar mencatatkan namanya sebagai pembalap pendatang pertama yang mampu memenangi mahkota MotoGP sejak 1978. Sejarah mencatat hanya Kenny Roberts yang berhasil tampil sebagai juara dunia di musim debutnya di kelas balap premier ini pada 1978.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Kini pembalap Spanyol ini bertengger sebagai pemuncak klasemen dengan mengantongi 278 poin. Ia mengungguli pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dengan selisih 43 poin di peringkat kedua dan 54 poin dari rekannya, Dani Pedrosa di urutan ketiga. Jika Marquez bisa menjauhi Lorenzo dan Pedrosa setidaknya 51 poin, gelar juara dunia sudah pasti di tangan.

“Saya melewati momen yang bagus di Malaysia. Kami juga mendapatkan poin penting di sana. Kami langsung berhadapan dengan Australia pekan ini. Kami butuh mempersiapkan diri,” terang Marquez, seperti dilansir Crash.net, Selasa (15/10/2013) WIB.

Juara Moto2 2012 ini menjelaskan pentingnya balapan di Philip Island yang bakal berlangsung Minggu (20/10/2013) WIB akhir pekan ini. Pasalnya, MotoGP tinggal menyisakan tiga seri lagi, Australia, Jepang dan Spanyol. Philip Island menjadi seri super penting bagi Marquez. Maka dari itu, ia butuh kerja keras dan fokus dari awal hingga akhir balapan.

“Setiap poin akan sangat penting di seri ini. Kami akan berusaha melakukan yang terbaik. Kami juga bakal bekerja keras dari awal dengan konsentrasi tinggi,” paparnya.

Sepak terjang Marquez di dunia balap motor terbilang mengesankan. Pembalap muda Spanyol ini merupakan juara balap motor kelas 125 cc pada 2010 dan Moto2 pada 2012. Sepanjang kariernya di MotoGP ia telah memenangi enam seri dan hanya sekali absen. Sedangkan rival-rival terdekatnya, Lorenzo mengemas lima podium utama dan Pedrosa tiga kali kemenangan. Marquez menggantikan kursi yang ditinggalkan pembalap Australia, Casey Stoner di akhir musim 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya