SOLOPOS.COM - Dani Pedrosa. Dok

MOTOGP 2015 akan segera digelar. Musim ini, Marquez dan Pedrosa dari tim Repsol Honda masih menunggangi Honda RC213V namun dengan spesifikasi baru.

Solopos.com, SOLO – Seperti musim lalu, pada Moto GP 2015 kali ini pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa tetap memakai Honda RC213V. Namun kabarnya ada beberapa perubahan pada kuda besi oranye itu. Seperti apa spesifikasi terbarunya?

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Pekan lalu tim Repsol Honda baru saja meluncurkan squad MotoGP 2015 miliknya. Tak hanya menghadirkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di Nusa Dua, Bali, tim Repsol Honda juga memboyong tunggangan dua pembalap handal tersebut, yakni Honda RC213V.

Dikutip dari situs Hondaproracing, Senin (2/2/2015), pada tampilan luar, perubahan terbesar ada pada grafis Red Bull di bagian bawah yang tampak makin luas dari sebelumnya. Sedangkan dari segi konsep, motor andalan tim Repsol Honda pada Moto GP 2015 juga masih mengusung Mass Centralization dengan menempatkan tangki bahan bakar pada bagian bawah motor. Dengan konsep itu, Honda RC213V dipastikan memiliki handling yang stabil, agilitas yang sempurna serta cengkraman ban yang kuat saat berbelok tajam.

Kerangka dari tunggangan Marquez dan Pedrosa itu juga dipastikan akan lebih solid. Sebab, pada MotoGP 2015 ini tim Repsol Honda menggunakan bahan alumunium jenis Twin Spar. Mereka menjamin sasis baru itu mampu mengawal sempurna kekuatan mesin empat silinder V 1000 cc Honda RC213V yang bertenaga lebih dari 235 tenaga kuda (bhp).

Tak ketinggalan, perbaikan kualitas juga diberikan tim Repsol Honda pada bagian suspensi. Kali ini mereka memasang suspensi jenis Ohlins pada kaki depan dan belakang Honda RC213V. Karena suspensi merupakan bagian vital, nantinya setiap pembalap tim Repsol Honda akan diberi satu orang teknisi khusus suspensi yang akan menemani sepanjang musim.

Beberapa perubahan juga diberikan pada bagian ram air yang tergabung pada baju fairing berbahan fiber karbon. Sedangkan pada bagian ban, tim Repsol Honda tetap patuh pada peraturan One Make Tyre yang disuplai oleh Bridgestone. Setiap pembalap akan mendapat 21 buah ban slick dan 12 ban basah di setiap pertandingan sepanjang musim MotoGP 2015. Ukuran yang dipakai untuk ban depan adalah 125/60R 16,5 inci sedangkan pada bagian belakang adalah 190/65R 16,5 inci.

Pada bagian pengereman, Honda RC213V di MotoGP 2015 ini dibekali dengan rem tipe Brembo. Pada race kering (dry race), cakram yang digunakan adalah jenis fiber karbon yang tahan panas hingga 400 derajat celcius. Sedangkan pada race basah saat kondisi hujan, motor berkecepatan tinggi itu dibekali cakram logam dari bahan Yutaka Steel. Dengan spesifikasi baru tersebut, tim Repsol Honda berharap Marc Marquez dan Dani Pedrosa kembali mencatatkan gelar juara dunia pada musim ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya