SOLOPOS.COM - Jenis-jenis ban untuk MotoGP keluaran Bridgstone. Tahun ini pabrikan ban mengeluarkan seri terbaru. Ist/autoevolution.com

MotoGP 2015 akhir bulan ini bakal digeber. Bridgstone sebagai pemasok resmi ban motor balap, akan memperkenalkan ban jenis baru.

Solopos.com, DOHA—Bridgestone resmi memamerkan dua jenis ban baru yang akan digunakan dalam kejuaraan MotoGP musim 2015. Perkenalan ini adalah kesempatan terakhir bagi perusahaan ban asal Jepang ini untuk ambil bagian dalam balap motor kelas premier. Sebab, mulai musim depan peran Bridgestone digantikan produsen ban asal Prancis, Michelin.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Musim lalu Bridgestone menyodorkan empat jenis ban beserta masing-masing penanda. Antara lain, hijau untuk ban ekstra lunak, putih untuk ban lunak, hitam untuk ban medium, dan warna merah untuk ban keras. Musim ini akan ada dua tambahan, yakni ban belakang ekstra keras licin dengan penanda kuning yang bakal disodorkan di GP Argentina dan ban depan asimetrik bertanda biru.

Dilansir MotoGP, Kamis (19/3/2015), sesuai dengan aturan tim-tim kelas terbuka ditambah factory 2 seperti Ducati, Suzuki, dan Aprilia akan mendapatkan jenis ban yang lebih lunak dari ban yang dipakai kelas pabrikan Honda dan Yamaha. Jika Bridgestone menawarkaan ban keras dan medium untuk Honda dan Yamaha, maka open class bakal memperoleh ban lunak dan medium. Sementara untuk ban depan semua kelas dapat jatah yang sama.

“Pewarnaan sebagai penanda jenis ban ini kami terapkan musim lalu demi memudahkan fans untuk mengenalinya saat balapan. Kami mendapatkan tanggapan dari fans dan media agar memperbaiki sistem penandaan tahun ini,” papar manajer Motorsport Bridgestone, Hiroshi Yamada, dilansir crash.net.

Menurutnya, sistem penandaan ini sebagai bentuk komitmen Bridgestone demi melanjutkan program pengembangan ban baru untuk MotoGP musim 2015. Di samping itu, hal ini demi memuaskan fans untuk lebih memahami strategi ban yang diterapkan tim-tim kesayangan mereka.

“Kami ingin membantu fans untuk mengetahui bagaimana tim-tim MotoGP bersaing ketat dengan mengandalkan manajemen ban selama balapan,” jelasnya. (Farida Trisnaningtyas/JIBI)

  • Jenis Ban Bridgestone Musim 2015

– ekstra lunak (hijau)

– lunak (putih)

– medium (hitam)

– keras (merah)

– ekstra keras (ban belakang/kuning)

– asimetrik (biru)

Sumber: MotoGP. (rid/JIBI)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya