SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MotoGP 2015 baru berjalan satu seri, namun pembalap Honda Dani Pedrosa harus menjalani operasi.

Solopos.com, MADRID— Pembalap Honda, Dani Pedrosa, baru saja menjalani operasi arm pump di Madrid, Spanyol, Jumat (3/4/2015). Meski operasi itu berhasil, fans pun masih dilanda kecemasan bagaimana kelanjutan karier jagoan asal Spanyol itu di MotoGP. Operasi ini berjalan selama dua jam di bawah penanganan langsung Dr Angel Villamor di Medical Director of iQtra Medicina Avanzada.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Ya, arm pump atau lengan pompa memang bukan cedera yang asing bagi para pembalap kelas premier ini. Sindrom biasa dialami para pembalap karena harus menahan berat motornya atau sewaktu mengerem pada kecepatan tinggi yang menyebabkan lengan kehilangan tenaga dan mati rasa seperti kram pada lengan bawah.

Akan tetapi, arm pump yang menerpa Pedrosa cukup pelik mengingat cedera ini sudah mengganggu setahun belakangan. Apalagi ia pernah menghadapi pisau bedah untuk menyembuhkan ini sebelumnya. Sayang, tindakan medis itu tak jua menyelesaikan masalah.

“Operasi ini begitu rumit dan kompleks menggunakan teknik operasi mikro dengan lensa mikroskopic. Ini dilakukan selama dua jam dengan bius lokal. Kami memeriksa otot fasia dan membedahnya untuk menyingkirkan penyebab cedera ini,” ujar Dr Villamor, dilansir crash.net, Minggu (5/4/2015).

Dr Villamor menambahkan otot fasia yang bermasalah dan harus dihilangkan dari lengannya. Hal ini yang menyebabkan terjadinya tekanan lebih besar dan rasa sakit. Luka itu kian terasa ketika ia menjalani balapan.

Ini adalah operasi ketiga yang dilakoni Pedrosa untuk menyudahi derita arm pump tersebut. Sebenarnya, sejumlah dokter telah mengingatkan pembalap berusia 29 tahun itu jika operasi lagi bisa menyebabkan kondisi itu semakin parah. Tapi, keadaan rekan Marc Marquez di GP Qatar, Minggu (29/3/2015) lalu, yang kian tak menyenangkan membikin Pedrosa harus segera ditindak medis.

Manajer Honda, Livio Suppo, menambahkan operasi yang cukup rumit itu adalah sedikit pilihan yang bisa diambil Pedrosa. Kini tim tinggal menunggu kepastian kondisi runner up 2012 yang akan menjalani masa penyembuhan 4 hingga 6 pekan mendatang.

“Kami akan terus memonitor Dani beberapa pekan ke depan untuk memastikan tingkat kesuksesan operasi ini,” jelas Dr Villamor. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Pembalap MotoGP Dani Pedrosa saat menggeber sepeda motor balapnya. Ist/dok

Pembalap MotoGP Dani Pedrosa saat menggeber sepeda motor balapnya. Ist/dok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya