SOLOPOS.COM - Ducati The GP15 (Cycleworld)

MotoGP 2015 akan dimeriahkan oleh hadirnya motor baru Ducati The GP15 yang akan ditunggangi Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone.

Solopos.com, MILAN – Setelah menyelesaikan laga pre-test di Sepang, Malaysia beberapa waktu lalu, kali ini Ducati menunjukkan kuda besi teranyarnya. Nantinya, motor bernama Ducati The GP15 itu akan memulai debutnya pada laga perdana MotoGP 2015 di Qatar.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Dalam laga pre-test, Ducati memerintahkan dua pembalapnya, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone untuk menunggangi Ducati The GP14.3. Namun, pada laga perdana MotoGP 2015 di Qatar Maret mendatang, tim asal Italia itu mengabarkan akan menggunakan motor barunya yang bernama Ducati The GP15.

“The GP15 adalah sebuah revolusi. Anda dapat melihat sendiri perbedaannya,” tutur General Manager Ducati Corse, Gianluigi Dall’Igna, seperti dilansir Cycleworld, Selasa (17/2/2015).

Dari segi penampilan, Ducati The GP15 yang akan bersaing di MotoGP 2015 itu memiliki desain yang terkesan lebih radikal dari versi sebelumnya. Melalui desain baru itu, Gianluigi seolah menunjukkan keseriusan Ducati yang ingin merebut kembali kejayaan yang sempat dimiliki Ducati pada ajang balap motor 1.000 cc itu.

Di bawah kendali Gianluigi, Ducati The GP15 mengalami perombakan penuh mulai dari sisi fairing, batok hingga riding position. Ventilasi yang disematkan pada sisi fairing motor balap itu kini semakin banyak. Sedangkan pada riding position, kini dibuat lebih menungging untuk memaksimalkan aerodinamika.

Namun, tak semua sektor mendapat perombakan, secara garis besar, motor yang akan berlaga pada MotoGP 2015 itu tetap mengusung jeroan yang sama. Ducati The GP15 tetap menggunakan mesin 1.000 cc V4 empat langkah, DOHC 16 Valves, L 90 derajat dengan katup Desmodromic dan berpendingin cair. Dengan semburan tenaga maksimal sebesar 240 hp, Ducati The GP15 dapat melaju hingga kecepatan 340 km/jam.

Pada sisi kerangka, Ducati The GP15 dibangun dengan alumunium aloy twin-spar. Sedangkan pada sisi suspensi, salah satu kendaraan MotoGP 2015 asal Italia itu menggunakan inverted suspension system 48 mm teleskopik pada roda depan dan Ohlins Adjustable Preload di roda belakang.

Sistem pengabutan bahan bakar pada Ducati balap itu menggunakan metode Indirect electronic injection 4-throttle bodies. Pada sektor transmisi, Ducati menyematkan teknologi Ducati Seamless Transmissions. Tak ketinggalan, pada sektor pengereman disematkan pula rem Brembo 320 mm/340 mm karbon empat kaliper pada roda depan dan mono-stainless steel disc dua kaliper pada roda belakang. Secara keseluruhan, berat kering Ducati The GP15 yang akan melaju di ajang MotoGP 2015 mencapai 158 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya