SOLOPOS.COM - Duo pembalap Yamaha Tech3, Bradly Smith dan Pol Espargaro yang akan dipertahan musim depan. Ist/dok

MotoGP 2015 akan memasuki seri akhir. Tech 3 memutuskan untu mempertahankan Espargaro dan Smith.

Solopos.com, SUZUKA— Monster Tech 3 Yamaha berniat akan memperpanjang kontrak dua pembalap, Pol Espargaro dan Bradley Smith, untuk kejuaraan Motogp musim depan. Namun demikian, negosiasi kerja sama baru itu urung dilakukan sehingga baik Espargaro maupun Smith belum perlu melakukan penandatanganan.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Pol masuk ke tim satelit Yamaha ini sejak naik kelas dari ajang Moto 2 di musim 2014 lalu. Keberadaan juara dunia Moto 2 2013 ini di Tech 3 digadang-gadang bakal menjadi suksesor pembalap utama Yamaha, entah itu Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo.

Akan tetapi, Lorenzo makin memperpanjang kontrak dengan Yamaha. Sedangkan Rossi setuju untuk mengabdi hingga musim 2016 mendatang. Artinya, kursi utama di tim pabrikan Jepang ini baru terbuka di musim 2017.

Sedangkan Smith berseragam Tech 3 musim 2013. Seperti halnya Pol, pembalap Inggris ini menjadikan Tech 3 sebagai tim pertama setelah ia naik level dari kejuaraan Moto 2 musim 2012.

“Jika saya harus memutuskan sekarang, saya kira pilihan terbaik adalah mengamankan mereka. Tapi, kami harus menunggu hingga GP Brno. Mungkin mereka mendapat tawaran dari tim lain,” ujar bos Tech 3, Hervé Poncharal, dilansir Speed Week, Senin (27/7/2015).

Poncharal menambahkan, Pol dan Smith punya bentuk kontrak yang berbeda. Pol terikat kerja sama langsung dengan Yamaha hingga akhir musim ini. Ia punya masa kerja yang sama dengan Lorenzo dan Rossi. Sementara Smith terhubung hanya dengan Tech 3.

“Yamaha sedang bernegosiasi dengan Pol. Jika dia tinggal di Tech 3, Pol akan melanjutkan kontrak dengan Yamaha. Jika musim depan ia sukses, ia bisa pergi ke tim utama. Entah itu Yamaha, Honda, atau Suzuki,” imbuh Poncharal.

Meskipun begitu, tim yang berbasis di Prancis ini juga telah menyiapkan rencana cadangan. Salah satunya adalah menggaet anak baru, Johann Zarco, yang kini menjadi pemuncak klasemen Moto 2. Aksi luar biasa Zarco di musim ini membikin ia menjadi bintang baru di trek setelah mengabdi selama empat musim di balap motor kelas dua ini.

“Saya sudah berbicara dengan manajernya, Laurent Fellon. Saat Pol dan Smith setuju tanda tangan kontrak baru kami akan mempertahankan mereka. Tapi, jika salah satu tak sepakat kami punya satu kursi kosong. John menjadi kandidat yang serius,” jelasnya. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya