SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MotoGP 2015 segera bergulir. Sejumlah tim yang akan ikut dalam balapan kuda besi memamerkan motor balap baru mereka.

Solopos.com, SEPANG— Tiga tim pendatang baru MotoGP memperkenalkan motor baru setelah merampungkan tes pramusim kedua di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir bulan lalu.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Ketiganya adalah Suzuki, Aprilia, dan Marc VDS. Bagi Suzuki ini merupakan momentum comeback untuk kali pertama sejak hengkang dari kelas balap premier di akhir musim 2011.

Sedangkan Aprilia menggunakan jasa Gresini untuk turut unjuk gigi sebagai tim pabrikan. Sementara Marc VDS bakal melakoni petualangan barunya sebagai tim debutan setelah cukup berpengalaman di ajang Moto2.

Tim pabrikan Jepang, Suzuki, masih mengandalkan warna biru sebagai ciri khas motor Suzuki GSX-RR. Tak ada perubahan signifikan dengan motor yang sempat dikenakan dalam uji coba lalu. Hanya label nama Suzuki pada bodi motor menjadi Suzuki Ecstar. Ecstar adalah perusahaan oli mesin sebagai sponsor utama musim ini.

“Kami mempertimbangkan reliabilitas mesin menyusul tidak adanya persoalan yang serius dalam uji coba. Di tes terakhir kami akan kembali ke standar power dan performa kami,” tutur manajer Suzuki, Davide Brivio, dilansir crash.net, Jumat (6/3/2015).

Meski akan tampil untuk kali pertama, Suzuki langsung memasang target delapan besar. Tim ini diperkuat oleh pembalap kelas terbuka terbaik musim lalu, Aleix Espargaro, dan rookie, Maverick Vinales.

Sementara itu, Aprilia Gresini memperkenalkan Aprilia RS-GP. Motor anyar ini jauh berbeda dengan kuda besi Gresini yang masih menggunakan jasa Honda musim lalu. Jika dulu didominasi warna putih dan hijau, kini kendaraan baru itu tampil dengan tiga warna, putih, hitam, dan merah.

Motor yang akan dikendarai Marco Melandri dan Alvaro Bautista ini merupakan upgrade versi terbaru motor ART milik Aprilia. Selain itu, kuda besi ini sudah dilengkapi dengan mesin katup pneumatic. Bahkan, peranti seamless gearbox juga siap dijajal.

“Kami siap untuk memulai petualangan baru. Kami memutuskan kembali lebih awal ke MotoGP karena kami yakin ini solusi yang terbaik. Ini memang berisiko, tetapi merupakan cara terbaik untuk jadi kompetitif,” tutur manajer Aprilia Racing, Romano Albesiano.

Sedangkan Marc VDS hanya akan menurunkan satu pembalap di musim debutnya. Tim yang diperkuat oleh Scott Redding tersebut mengandalkan motor pabrikan Honda, RC213V.

Tim asal Belgia ini menjajal kelas balap premier untuk kali pertama setelah merebut gelar juara dunia di kelas Moto2 musim lalu. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Suzuki Ecstar
– Principal Davide Brivio
– Pembalap: (25) Maverick Viñales (Spanyol), (41) Aleix Espargaró (Spanyol)
– Motor Suzuki GSX-RR
– Ban Bridgestone

Aprilia Racing Team Gresini
– Principal Fausto Gresini
– Pembalap: (19) Álvaro Bautista (Spanyol), (33) Marco Melandri (Italia)
– Motor RS-GP
– Ban Bridgestone

Estrella Galicia 0,0 Marc VDS
– Principal Marc van der Straten, Michael Bartholemy, Bas Leinders
– Pembalap: (45) Scott Redding (Inggris), MotorRC213V
– Ban: Bridgestone
Sumber: MotoGP. (rid/JIBI)

Ini dia motor baru Aprilia yang dikendarai Melandri dalam MotoGP 2015. Ist/motogp.com

Ini dia motor baru Aprilia yang dikendarai Melandri dalam MotoGP 2015. Ist/motogp.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya