SOLOPOS.COM - Valentino Rossi (Crash.net)

Motogp 2016 memasuki seri ke-12 yang akan dilangsungkan di Inggris.

Solopos.com, NORTHAMPTONSHIRE – Pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi, menatap seri ke-12 Motogp 2016 di Sirkuit Silverstone, Inggris. Rossi berharap cuaca di Inggris mendukung dan tidak turun hujan.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Balapan basah memang sangat akrab dengan Motogp 2016. Para pembalap pun nampak kesulitan jika harus berhadapan dengan cuaca tidak menentu. Para pembalap harus siap berganti motor jika di tengah balapan terjadi hujan atau dari lintasan basah menjadi kering.

Rossi sendiri memiliki rekor tak cukup bagus di lintasan basah pada musim ini. Saat balapan di Assen, Gp Belanda, Rossi gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh. Padahal Rossi sempat memimpin balapan.

Kemudian di Sachsenring, Jerman, Rossi yang sempat konsisten di baris terdepan harus puas finis di posisi kedelapan. Saat itu, Rossi salah strategu ban. Dimulai dengan lintasan basah di awal lomba, lintasan mengering kemudian. Sejumlah pembalap pun melakukan pergantina ban.

Tapi Rossi justru menunda pergantian ban karena sedang berada di baris terdepan. Akibatnya dia kesulitan karena masih menggunakan ban basah, sementara para rival lain sudah bergantin ban. Rossi akhirnya mengganti ban di putaran-putaran terakhir, dan tersusul dari para rival.

Satu-satunya hasil positif dari balapan basah yang dilalui Rossi di musim ini adalah pada balapan Gp Ceko, dua pekan lalu. Sempat tercecer ke posisi 12, Rossi sanggup bangkit dan finis di tangga kedua. Saat itu, cuaca tak menentu menjadi tantangan para rider.

“Saya harap balapan tahun ini berlangsung dalam kondisi cuaca cerah. Namun, cuaca di Inggris kerap tidak menentu,” ujar Rossi seperti dikutip dari Gpxtra, Kamis (1/9/2016).

Meski begitu, Rossi memiliki catatan bagus saat membalap di Silverstone dengan keadaan hujan. Musim lalu, dia menjadi juara dalam balapan di Silverstone dengan kondisi hujan deras. Saat ini sendiri, Rossi tengah mengincar banyak poin demi mengejar Marc Marquez di papan klasemen. Rossi yang berada di posisi kedua terpaut 53 poin dari Marquez.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya