SOLOPOS.COM - Marc Marquez dalam tes pramusim Motogp 2016 Qatar. (Motogp.com)

Motogp 2016 jadi tahun perdana Honda menggunakan winglet.

Solopos.com, DOHA – Ada yang tidak biasa pada tunggangan Marc Marquez dalam sesi tes pramusim Motogp 2016 di sirkuit Losail, Doha, Qatar. Tampak motor Honda RC213V miliknya dibekali sayap tambahan.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Dilaporkan laman Motorsport, Kamis (3/3/2016), sepasang sayap hitam bernama winglet pada motor Marc Marquez dipasang di bagian fairing. Sementara rekan satu timnya di Motogp 2016, Dani Pedrosa, tidak menggunakannya sama sekali.

Kemungkinan tim Repsol Honda memasang winglet pada tunggangan sang Baby Alien untuk mengatasi masalah ban Michelin yang sering kehilangan traksi dan tidak stabil ketika melibas tikungan.

Sebab seperti di Formula One (F1), winglet umumnya dipasang guna meningkatkan gaya aerodinamika dan menambah down force. Alhasil kendaraan memiliki traksi dan akselerasi yang lebih baik.

Winglet digunakan kali pertama oleh Yamaha dengan rider Max Biaggi dalam Motogp 2000. Terakhir, benda berbentuk sayap itu juga digunakan oleh tim Movistar Yamaha dan Ducati dalam beberapa seri terakhir Motogp 2015.

Dalam tes pramusim Motogp 2016 Qatar, Marc Marquez menempati urutan tercepat ke-10 dengan catatan waktu 1 menit 56,523 detik. Sedangkan Dani Pedrosa sedikit lebih lambat dengan waktu 1 menit 56,910 detik dan menempati urutan ke-13.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya