SOLOPOS.COM - Valentino Rossi (JIBI/Dok)

MotoGP 2016 segera dihelat. Namun, pembalap Yamaha, Valentino Rossi menyatakan dirinya bersama dengan tim tidak siap menjalani tes di Valencia.

 

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Keberhasilan merebut gelar juara dunia 2015 membawa efek kurang mengenakkan bagi Yamaha terkait persiapan menyambut musim baru. Dibanding para pesaing, Yamaha tertinggal.

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi bersaing ketat menjadi juara dunia musim lalu. Kompetisi antara mereka berdua berlanjut sampai balapan terakhir yang dilangsungkan di Valencia.

Karena harus fokus pada persaingan menjadi juara dunia, Yamaha tidak banyak melakukan persiapan musim 2016. Padahal di saat bersamaan para pesaing mereka seperti Honda, Ducati, dan Suzuki sudah rajin beruji coba dengan motor atau komponen untuk musim 2016.

“Di akhir 2015 Yamaha punya masalah dibanding pabrikan lain. Kedua pebalap mereka bertarung menjadi juara dunia. Anda bisa katakan kalau itu merupakan masalah yang bagus. Semua pabrikan akan suka masalah ini, tapi ini membuat kami mengalami delay,” ucap Rossi di Crash.

“Suzuki, Ducati, juga Honda melalukan tes di Misano saat musim berjalan dengan Michelin dan mereka mendapatkan setelan yang bagus. Mereka membuat kemajuan. Kami melakukan tes dengan Bridgeston untuk memaksimalkan ban itu sampai akhir musim. Saya pikir kami sedikit tertinggal beberapa kilometer,” lanjutnya.

Ada beberapa perubahan besar yang terjadi di MotoGP 2016. Selain Michelin yang menggantikan Bridgestone, ada juga penyeragaman perangkat elektronik baru.

Tes lain yang dilewatkan Yamaha adalah usai balapan terakhir di Valencia. Honda, Ducati, Aprilia, dan Suzuki ketika itu mencoba beradaptasi dengan perangkat-perangkat baru di motornya.

“Untuk tes di Valencia kami belum siap. Selain itu kami juga butuh istirahat setelah kejuaraan seperti itu. Kami harus lebih berkonsentrasi dan cepat untuk memahami keseimbangan motor dalam tes ini, jadi secara resmi tes kami baru akan dimulai pada Februari,” tuntas The Doctor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya