SOLOPOS.COM - Jorge Lorenzo (Motogp.com)

Motogp 2016 seri keenam di Mugello berhasil dimenangkan

Solopos.com, MUGELLO – Pembalap Yamaha Movistar, Jorge Lorenzo, keluar sebagai juara di Motogp Italia 2016. Dia mengalahkan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, di lap terakhir.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (22/5/2016) malam WIB, Lorenzo yang start dari posisi kelima langsung menyodok ke depan untuk memimpin balapan. Sementara Rossi yang start dari posisi pertama harus rela berada di belakang Lorenzo.

Di belakang Rossi, beruntun ada Aleix Espagaro, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Sementara pembalap Suzuki, Maverick Vinales, yang start dari posisi kedua justru terlempar ke posisi ke-10.

Sejak awal balapan persaingan ketat terjadi antara Lorenzo dan Rossi. The Doctor berulang kali mencoba melewati rekannya di Yamaha Movistar itu, tapi masih gagal. Sementara Marquez justru berhasil melewati Espagaro untuk menempati posisi ketiga pada putaran kedua.

Persaingan ketat antara Lorenzo dan Rossi terus berlanjut. Pada putaran kelima, jarak mereka hanya 0,1 detik. Rossi beberapa kali mencoba mengambil celah di tikungan, tapi Lorenzo tetap kuat menjaga posisinya.

Memasuki putaran kedelapan petaka menghampiri Rossi. Motornya tampak bermasalah dan dia mulai memelankan laju. Kurang jelas masalah apa yang dialaminya, tapi terlihat sempat ada banyak asap yang keluar dari knalpotnya. Rossi pun tak bisa melanjutkan balapan.

Hilangnya Rossi dari lintasan membuat Lorenzo leluasa. Dia memimpin balapan tanpa ada pembalap yang mendekatinya saat itu. Tapi Marquez perlahan mendekat dengan jarak 0,3 detik di putaran ke-11.

Lorenzo masih mampu mempertahankan tempatnya di posisi terdepan enam putaran jelang finis. Dia memimpin 0,4 detik dari Marquez. Pertarungan ketat justru terjadi pada perebutan posisi ketiga.

Duo pembalap Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso saling menyalip dalam satu lap. Pertama, Iannone berhasil menyalip Dovizioso, namun selang beberapa tikungan, Dovizioso kembali menyalip Iannone untuk menempati posisi ketiga. Dani Pedrosa yang sedari tadi di belakang keduanya pun semakin mendekat.

Bahkan satu putaran kemudian, posisi ketiga pembalap itu sudah berubah. Iannone dan Pedros berhasil menyalip Dovizioso. Dovi pun harus puas di posisi keenam. Sementara didepannya, Marquez sempat melewati Lorenzo, tapi juara dunia musim lalu itu kembali mengambil alih posisinya.

Di putaran ke-20, Pedrosa berhasil menyalip Iannone untuk mengisi posisi ketiga. Sementara pada lap terakhir terjadi pertarungan sengit antara Marquez dan Lorenzo. Keduanya saling menyalip di lap terakhir.

Di tikungan terakhir, Marquez berada di depan Lorenzo. Tapi dalam trek lurus menuju finis, Lorenzo mampu menyalip Marquez. Pembalap 29 tahun itu pun memenangi seri keenam Motogp 2016 di Mugello Italia. Di posisi ketiga ada Andrea Iannone, diikuti Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales.

Berkat kemenangan itu, Lorenzo tetap kokoh di puncak klasemen pembalap dengan 115 poin. Sementara di posisi kedua ada Marc Marquez yang mengumpulkan 105 poin.

Berikut hasil 10 besar Motogp Italia 2016:

1. Jorge Lorenzo [41:36.535]
2. Marc Marquez [+0.019 detik]
3. Andrea Iannone [+4.742 detik]
4. Dani Pedrosa [+4.910 detik]
5. Andrea Dovizioso [+6.256 detik]
6. Maverick Vinales [+8.670 detik]
7. Brad Smith [+13.340 detik]
8.Danilo Petrucci [+14.598 detik]
9. Aleix Espagaro [+18.643 detik]
10. Michele Pirro [+22.298 detik]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya