SOLOPOS.COM - Maverick Vinales (Crash.net)

Motogp 2016 akan menyajikan tim Suzuki yang terus memempet tim top 3.

Solopos.com, SEPANG — Suzuki ingin memangkas jarak dengan tim pabrikan lain seperti Honda, Yamaha, dan Ducati. Maka dari itu, memasuki musim kedua di ajang Moto GP, tim asal Jepang ini kerja keras demi menghadirkan motor GSX-RR yang kompetitif.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Salah satu perubahan yang signifikan adalah penggunaan seamless gearbox anyar. Peranti ini sudah dijajal sang pembalap, Maverick Vinales, dalam tes privat di Sepang, Malaysia, November 2015 lalu. Hasil tes tersebut berjalan baik tanpa diwarnai persoalan teknis serius. Ini juga yang menjadi alasan Suzuki ogah ikut uji coba bareng dengan Honda dan Ducati di Jerez, Spanyol, akhir November.

“Di Sepang kami menguji tranmisi seamless untuk kali pertama dan hasil yang diberikan Mavericks cukup positif. Kami juga membandingkan sasis dan bagian lain yang terus kami kembangkan selama musim dingin. Selain itu, kami bekerja keras menyinkronkan electronic control unit (ECU),” papar Manajer Suzuki, Davide Brivio, dilansir Speedweek.com, Rabu (16/12/2015).

Brivio menjelaskan dalam tes pramusim pertama di Sepang, Februari 2016, akan lebih fokus pada perangkat elektronik. Hanya, pada uji coba ini Aleix Esparagaro belum bisa bergabung karena masih dalam tahap penyembuhan cedera punggung ketika berlatih motocross.

Tanpa Aleix, Suzuki praktis mengandalkan Vinales. Selain itu, ia bakal di back-up dua pembalap tes, Takuya Tsuda Nobuatsu Aoki. Kedua test rider tersebut akan turut menjajal software dan transmisi seamless baru.

“Masih banyak ruang yang bisa dimaksimalkan dalam perangkat baru ini. Saya juga senang dengan seamless baru ini. Di samping itu, kami punya informasi yang cukup untuk menghadapi tes Februari,” kata Vinales.

Kekuatan baru ini bikin juara dunia 2015, Jorge Lorenzo, pasang alarm waspada. Pembalap Yamaha tersebut meyakini Suzuki bakal tampil lebih kuat mengingat mereka tak punya banyak masalah dengan ECU dan ban anyar Michelin.

“Pembalap Suzuki begitu dekat dengan kami di Valencia saat tes ban dan elektronik. Kami harus makin waspada di musim depan,” jelas Lorenzo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya