SOLOPOS.COM - Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, saat mengambil tikungan pada MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu (28/6/2013) malam WIB. Lorenzo mengabaikan cederanya untuk menyelesaikan balapan dan finish di posisi kelima. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, saat mengambil tikungan pada MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu (28/6/2013) malam WIB. Lorenzo mengabaikan cederanya untuk menyelesaikan balapan dan finish di posisi kelima. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

ASSEN – Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, kembali memperlihatkan penampilan luar biasa. Tampil dalam dekapan cedera, juara dunia musim lalu itu mampu finish di posisi kelima pada MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu (29/6/2013) malam WIB.

 

Adu kebut di Assen ini sukses dimenangi rekan Lorenzo, Valentino Rossi. Juara dunia sembilan kali itu untuk pertama kalinya sejak 2010 mampu merebut podium pertama setelah menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 25,202 detik.

 

The Doctor, julukan Rossi, mengalahkan catatan waktu Marc Marquez dari Repsol Honda, yang harus puas di posisi kedua dan Cal Crutchlow dari Monster Yamaha Tech3 di urutan ketiga.

 

Meski Rossi tampil sebagai bintang, namun pencapaian Lorenzo tak bisa dianggap sebelah mata. Pembalap asal Spanyol ini semula bahkan diperkirakan tak bisa tampil karena sehari sebelumnya harus menjalani operasi selangka karena cedera yang dialaminya saat jatuh pada free practice kedua, Kamis (27/6/2013) malam WIB.

 

Namun, Lorenzo nekat. Ia tetap menjalani balapan, meski akhirnya harus start dari posisi ke-12 karena tak mengikuti sesi kualifikasi.

 

Namun, cedera dan start kurang menguntungkan tak menghalangi Lorenzo. Juara dunia dua kali ini tetap tampil impresif.

 

Di awal balapan Lorenzo bahkan sempat mengancam barisan depan. Ia menempati urutan keempat, sebelum akhirnya posisinya digeser Crutchlow di pertengahan lomba.

 

Finish di urutan kelima menambah pundi-pundi poin Lorenzo menjadi 127 poin. Ia mendapat tambahan 11 poin dan terus menempel kompatriotnya dari Repsol Honda, Dani Pedrosa, di posisi puncak dengan 136 poin.

 

Mendapat tambahan 11 poin jelas hal yang mengembirakan bagi Lorenzo. Padahal, semula Lorenzo hanya menargetkan menambah lima poin dengan kondisinya yang kurang mengguntungkan.

 

“Bisa menyelesaikan balapan akan menjadi kemenangan kecil bagi saya. Tapi saya ingin mengambil setidaknya lima poin atau lebih, setidaknya hal itu cukup setelah menjalani sakit yang banyak,” ujar Lorenzo sebelum balapan, seperti dilansir Motogp.com.

 

 “Pada akhir balapan kami akan melihat apakah itu berharga. Saya bangga pada diriku sendiri untuk upaya yang sulit dalam dua hari terakhir setelah kecelakaan dan juga pada tim saya, atas dukungannya.”

 

Klasemen Pembalap MotoGP Hingga Seri Ketujuh, Minggu (29/6/2013) malam WIB:

 

Pos.       Rider     Bike       Nation  Points

 

1              Dani PEDROSA   Honda   SPA        136

 

2              Jorge LORENZOYamaha                SPA        127

 

3              Marc MARQUEZ               Honda   SPA        113



 

4              Cal CRUTCHLOW               Yamaha                GBR       87

 

5              Valentino ROSSI               Yamaha                ITA         85

 

6              Andrea DOVIZIOSO         Ducati   ITA         65

 

7              Stefan BRADL    Honda   GER        51

 



8              Nicky HAYDEN   Ducati   USA       50

 

9              Alvaro BAUTISTA              Honda   SPA        47

 

10           Aleix ESPARGARO            ART        SPA        44

 

Sumber : Motogp.com