SOLOPOS.COM - Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, saat melakoni sesi kualifikasi MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Jumat (28/6/2013) lalu. Rossi akhirnya tampil sebagai juara pada MotoGP Belanda, yang berlangsung Sabtu (29/6/2013). dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, saat melakoni sesi kualifikasi MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Jumat (28/6/2013) lalu. Rossi akhirnya tampil sebagai juara pada MotoGP Belanda, yang berlangsung Sabtu (29/6/2013). dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

ASSEN—Valentino Rossi akhirnya menyudahi penantian panjangnya. Setelah hampir tiga tahun tak merasakan podium pertama, Rossi akhirnya merebut juara pada adu kebut MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu (29/6/2013) malam WIB.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Valentino Rossi sejak hampir tiga tahun terakhir. Rossi kali terakhir meraih podium pertama adalah saat MotoGP Malaysia di Sepang, musim 2010 lalu.

Sementara itu, nasib kurang apik justru dialami pemuncak klasemen sementara Dani Pedrosa. Sempat memimpin di awal balapan, Pedrosa gagal naik podium setelah finish di urutan keempat.

Di belakang Rossi, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez sukses menempati urutan kedua. Sementara peraih pole position, Cal Crutchlow dari Yamaha Monster Tech3, harus puas finish di posisi ketiga.

Sedangkan, rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, juga tak kalah memukau. Juara dunia musim lalu ini, mengabaikan rasa sakitnya untuk tetap tampil di Sirkuit Assen dan finish di posisi kelima.

Kemenangan Rossi ini seakan memenuhi ekspektasi timnya. Yamaha sangat berharap pada Rossi setelah Lorenzo mengalami cedera akibat crash di free practice kedua. Lorenzo pun sempat dikabarkan tak bisa tampil karena menjalani operasi tulang selangka.

Namun menjelang balapan Lorenzo memutuskan untuk tetap tampil dan menjalani balapan dari posisi 12 karena tak mengikuti kualifikasi pertama.

Namun, meski sakit, Lorenzo mampu memberikan penampilan yang luar biasa. Ia bahkan nyaris finish posisi keempat, seandainya performanya tak menurun di pertengahan lomba, dan disalip Crutchlow.

Jalannya Balapan

Dalam adu kebut seri ketujuh itu, Pedrosa yang mengawali dari posisi kelima langsung merangsek ke urutan terdepan sesaat setelah bendera start dikibarkan.

Sementara, Rossi yang mengawali balapan dari posisi keempat sempat tercecer. Namun lambat laun The Doctor, julukan Rossi, mampu menemukan ritmenya dan merangsek ke depan.

Pada lap keempat Rossi sudah mampu menyalip Marquez yang berada di urutan kedua. Ia pun kemudian mampu menggeser Pedrossa pada lap kelima dan tak terkejar balapan usai.

Sementara Pedrosa pada 10 lap tersisa justru menurun. Posisinya disalip Marquez, kemudian Crutchlow, yang semula sempat terancam oleh Lorenzo.

Hasil Lengkap MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu (29/6/2013) malam WIB

Po           Nama                   Team     Catatan waktu/Gap



1              ROSSI V.               Yamaha Factory Racing   41 menit 25,202 detik

2              MARQUEZ M.    Repsol Honda Team        +2.170

3              CRUTCHLOW C.                 Monster Yamaha Tech    3+4.073

4              PEDROSA D.       Repsol Honda    +-1:29.746

5              LORENZO J.         Yamaha Factory Racing+-1:22.598

6              BRADL S.              LCR Honda MotoGP        +-1:09.847

7              BAUTISTA A.      GO&FUN Honda Gresini               +-1:04.799

8              ESPARGARO A.                 Power Electronics Aspar               +-1:04.381

9              HAYDEN N.         Ducati Team       +-1:03.389

10           DOVIZIOSO A. Ducati Team +-1:03.270

11           SMITH B.              Monster Yamaha Tech 3               +-1:02.918

12           DE PUNIET R.     Power Electronics Aspar               +-40.639

Sumber: Motogp.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya