SOLOPOS.COM - Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, kembali ke jalur juaranya setelah kembali mendapatkan podium pertama saat adu kebut MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6/2013) malam WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, kembali ke jalur juaranya setelah kembali mendapatkan podium pertama saat adu kebut MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6/2013) malam WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

MUGELLO—Nasib kontras dialami duo pembalap Racing Yamaha. Saat Jorge Lorenzo kembali ke jalur juaranya pada balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6/2013) malam WIB, rekan setimnya, Valentino Rossi, justru tersingkir secara prematur. Rossi gagal finish setelah terjungkal pada tikungan awal di lap pertama.

Namun, Rossi tak sendirian yang mengalami nasib apes. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, juga mengalami nasib sial. Rookie MotoGP itu Spanyol itu terpeleset jatuh saat balapan tinggal menyisakan tiga lap.

Kekalahan membuat Marquez batal mengukir sejarah baru. Juara Moto2 musim lalu itu sebenarnya berpeluang mencetak sejarah sebagai pembalap pertama yang mampu menempati podium secara berturut-turut dalam debutnya di MotoGP.

Pada seri keenam itu, pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa, mengawali dari posisi terdepan. Namun, tak selang berapa lama setelah bendera start dikibarkan, posisi Pedrosa langsung diambil alih Lorenzo untuk memimpin balapan di posisi terdepan.

Di sisi lain, saat melewati tikungan pertama di awal lap, Rossi mengalami nasib nahas. Juara dunia MotoGP tujuh kali itu terjatuh setelah bersenggolan dengan pembalap Honda Gressini, Alvaro Bautista. Rossi pun harus mengakhiri perjuangannya lebih dini.

Sementara, Lorenzo kian meninggalkan lawan-lawannya. Ia diikuti Pedrosa dan Marquez di tempat ketiga.

Memasukki lap ke-13, ketiga pembalap papan atas MotoGP itu kian meninggalkan barisan. Lorenzo di barisan terdepan, sementara duo Repsol Honda bersaing memperebutkan posisi dua.

Saat balapan tersisa empat lap, Marquez sempat menyalip Pedrosa. Namun, sayang bagi Rookie MotoGP ini, ia kembali mengalami nasib sial di Mugello. Saat balapan tersisa tiga lap, Marquez justru terjatuh. Hal ini sama dengan yang dialaminya musim lalu saat membalap di Moto2.

Lorenzo pun akhirnya tak terkejar. Juara MotoGP musim lalu itu tampil sebagai juara setelah mencatatkan waktu 41 menit 39,733 detik. Ia disusul Pedrosa yang mencatatkan waktu lebih lambat 5,400 detik di posisi kedua dan disusul Cal Crutchlow di tempat ketiga.

Kemenangan ini membuat Lorenzo memperbaiki peringkatnya di urutan kedua dalam daftar klasemen sementara. Lorenzo menggeser Marquez dengan torehan 91 poin. Sementara, Pedrosa kokoh di urutan pertama dengan nilai 103, sedang Marquez di tempat ketiga dengan nilai 77.

Hasil Balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6/2013)

No          Pembalap           Tim        Catatan waktu/Gap

1              LORENZO J.         Yamaha Factory Racing41:39.733

2              PEDROSA D.       Repsol Honda Team        +5.400

3              CRUTCHLOW C.                 Monster Yamaha Tech    3+6.412

4              BRADL S.              LCR Honda MotoGP        +19.321

5              DOVIZIOSO A.   Ducati Team       +19.540

6              HAYDEN N.         Ducati Team       +26.321

7              PIRRO M.             Ducati Test Team             +38.144

8              ESPARGARO A.                 Power Electronics Aspar               +39.802

9              SMITH B.              Monster Yamaha Tech 3               +40.243

10           BARBERA H.        Avintia Blusens                 +48.392

11           DE PUNIET R.     Power Electronics Aspar               +48.480

12           PETRUCCI D.       Came IodaRacing Project              +1:13.708



13           IANNONE A.       Energy T.I. Pramac Racing             +1:14.601

Klasemen Sementara MotoGP

No        Pembalap          Tim      Poin

1          Dani Pedrosa     Repsol Honda    103

2          Jorge Lorenzo    Racing Yamaha 91



3          Marc Marquez    Repsol Honda    77

4          Cal Crutchlow    Monster Yamaha Tech3   71

5          Andrea Dovizioso           Ducati   50

 Sumber : Motogp.com/Eurosport.co.uk

Simak berita terkait : http://digital.solopos.com/file/03062013/






Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya